Hutama Karya Alokasikan 70 Persen Lahan di Rest Area Jalan Tol Trans Sumatera untuk UMKM

virprom.com – PT Hutama Karya (Persero) mengalokasikan sekitar 70% lahan di rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat.

Alokasi tersebut lebih tinggi dibandingkan ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2023 yang mewajibkan alokasi lahan untuk UMKM minimal 30% dari total kawasan komersial.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim, Executive Vice President (EVP), mengatakan saat ini perseroan mengoperasikan 15 rest area, yakni di Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung (dengan 9 rest area), Tol Pekanbaru-Dumai (dengan 9 rest area). rest area) 4 rest area) dan Tol Indralaya-Prabumulih mempunyai dua rest area.

“Dari total 650 unit lahan penyewa yang disewakan di rest area tersebut, kami telah mengalokasikan 500 unit lahan untuk UMKM. Saat ini, 368 unit ditempati oleh UMKM yang bergerak di bidang makanan, minuman, kerajinan tangan, dan jasa perbengkelan.

Baca juga: KAI Commute: Perjalanan Sewa Commuter Rangkasbitung-Tanah Picu Perkembangan Ekonomi Daerah

Program ini memberikan kesempatan kepada UMKM lokal untuk mengembangkan usahanya dengan cakupan pelanggan yang lebih luas, harga sewa yang lebih murah dibandingkan tarif komersil, serta kemudahan lainnya seperti pendampingan di segala aspek usaha melalui pelatihan dan dukungan.

Untuk melaksanakan program tersebut, Hutama Karya juga menggandeng Asosiasi Benih Baik untuk memberikan pelatihan, antara lain demo memasak produk berkualitas, penerapan pembayaran digital (QRIS), bantuan penyusunan laporan keuangan, penyediaan buku menu, dan pelatihan promosi produk.

Adjib menambahkan: “Sejak tahun 2023, sekitar 170 UMKM telah meningkatkan keterampilan usahanya melalui program ini, yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan keberlanjutan usahanya.”

Selain itu, Hutama Karya juga menggandeng pemerintah daerah (Pemda) untuk menyediakan lokasi promosi gratis dan menjual produk khas daerah.

Baca Juga: Transaksi Buku Pasar Digital UMKM Bali Capai Rp 105 Miliar

Perusahaan bertekad mengembangkan usaha kecil dan mikro (UMK) melalui pemberdayaan masyarakat, mendorong pembangunan berkelanjutan usaha kecil dan mikro, serta memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan daerah khususnya bidang operasi JTTS.

Dari sisi bantuan dana, Hutama Karya juga menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dalam penyaluran dana dan Program Pembiayaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) untuk meningkatkan kualitas usaha kecil dan mikro.

Ajib menambahkan: “Hutama Karya memastikan keberlanjutan program dengan memperluas cakupan dan inovasi program untuk mendukung pengembangan perekonomian masyarakat lokal melalui UMKM lokal dan manfaat jalan tol bagi pengguna.

Hutama Karya meyakini kehadiran JTTS akan memberikan dampak positif bagi perkembangan kegiatan perekonomian di sekitarnya, termasuk penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Baca juga: Belum Ada Kebijakan Jelas tentang UMKM Hijau

Mengusung tema “Memanfaatkan kekuatan dan ketahanan UMKM untuk mempercepat pembangunan berkelanjutan dan mengentaskan kemiskinan di tengah berbagai krisis,” Hutama Karya memprioritaskan UMKM di sekitar JTTS sebagai tenant di rest area. Respon positif dari para pelaku UMKM

Salah satu pelaku UMKM Siti Khotimah mengungkapkan pengalaman positifnya selama empat tahun mengikuti program Hutama Karya di rest area KM 215 Tol Terpeka.

“Hutama Karya memberi kami kesempatan bagi UMKM lokal untuk mengembangkan usahanya. Alhamdulillah telah membantu memperbaiki perekonomian keluarga saya dan membuka lapangan kerja bagi banyak orang,” ujarnya.

Baca juga: Bappenas: Ekonomi biru akan menciptakan 12 juta lapangan kerja pada tahun 2030

Bagi pengguna jalan tol, langkah ini menambah variasi tempat istirahat, meningkatkan kenyamanan dan pengalaman perjalanan. Mereka bisa menikmati beragam produk lokal berkualitas sambil bersantai.

Denisa Nuragusti, seorang pendatang asal Pekanbaru, juga merasakan manfaat dari hadirnya UMKM di rest area tersebut.

“Senangnya, saat istirahat di rest area bisa membeli makanan khas daerah dan oleh-oleh tanpa harus mampir ke tempat lain,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top