Nadiem Ingin Datangi Kampus Sebelum Revisi Aturan yang Bikin UKT Mahal

JAKARTA, virprom.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim sepakat mengunjungi perguruan tinggi negeri (PTN) yang disebut-sebut akan menerapkan biaya kuliah tunggal (UKT) dengan angka yang mengejutkan bagi mahasiswanya.

Hal itu dilakukan Nadiem menanggapi desakan reformasi Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024 yang dinilai menjadi penyebab kenaikan UKT di banyak PTN.

Dalam rapat kerja yang diadakan di Komisi” ).

Menurut Nadiem, kunjungan ini perlu dilakukan untuk mengetahui apa yang salah dalam penerapan Permendikbudristek No. 2 tahun 2024.

Baca juga: Nadiem berjanji akan menghentikan kenaikan nilai UKT yang tidak wajar

Pihaknya juga berjanji akan segera mengkaji peraturan tersebut jika temuan di lapangan menunjukkan memang ada PTN yang tarif UKT-nya dinaikkan secara tidak wajar.

“Sejauh ini anggota KPU sudah banyak

Di sisi lain, mantan bos Gojek ini memastikan usulan perusahaan dan mahasiswa terhadap kenaikan UKT akan disambut baik oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Saya tahu ada banyak kekhawatiran yang mungkin didasarkan pada informasi yang mungkin tidak benar, namun ada juga banyak kekhawatiran tentang bagaimana keadilan dan akuntabilitas hadir dalam sistem pendidikan tinggi kita. Dan saya pikir itu adalah kritik yang valid. Dan untuk memberi tanggapannya, kata Nadiem.

Baca Juga: DPR Jelaskan Kenaikan UKT, Nadiem: Mahasiswa dari Keluarga yang Mampu Bayar Lebih Banyak

Seperti disebutkan di atas, banyak mahasiswa di institusi publik yang meminta pemerintah mengkaji ulang Permendikbudristek karena dinilai menjadi penyebab kenaikan UKT di banyak PTN.

Ketua Mahasiswa Universitas Riau (Unri) Muhammad Ravi mengatakan kenaikan UKT menyebabkan sekitar 50 calon mahasiswa baru putus sekolah di Unri karena tidak mampu membayar.

“Jika pedoman ini tidak direvisi, kemungkinan ke depan calon atau warga negara yang kuliah di UNRI akan sangat tertutup harapannya untuk kuliah di universitas tersebut,” kata Ravi. Dewan Mahasiswa Pusat Seluruh Indonesia (BEM SI) dan Komisi X DPR RI, Kamis (16/5/2024) lalu. Dengarkan berita terbaru dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top