Disebut Bakal Jadi Dewan Pertimbangan Agung, Jokowi: Saya Masih Jadi Presiden sampai 6 Bulan Lagi, Lho

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengingatkan masa jabatannya sebagai presiden masih tersisa enam bulan lagi. Jadi dia tetap ingin menjadi sorotan sebagai presiden.

Hal itu disampaikan Jokowi menanggapi kabar dirinya akan masuk Dewan Pertimbangan Tinggi (DPA) kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto ke depan.

“Saya masih jadi presiden enam bulan lho, sampai sekarang pun,” kata Jokowi saat tanya jawab di RSUD Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024).

“Saya masih bekerja, (kenapa) Anda bertanya,” lanjutnya.

Baca Juga: Jokowi Gelar Rapat Penilaian Kepabeanan

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPA) Bambang Soesatyo mengatakan Dewan Permusyawaratan Tinggi (DPA) bisa dibentuk kembali untuk mengakomodasi gagasan klub presidensial yang digagas Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Ke depan, kata Bamsoet, DPA bisa saja diisi oleh mantan presiden dan wakil presiden, karena Prabowo ingin menempatkan mantan presiden tersebut di forum yang sama.

Padahal, kalau kita mau meresmikannya, kita pernah punya Majelis Permusyawaratan Agung yang bisa diisi oleh mantan presiden dan wakil presiden. Kalau kita mau meresmikannya, Park Prabowo setuju, kata Bamsoet di Kompleks Parlemen Senayan , Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Baca juga: Jokowi Resmikan Bendungan Ameroro di Sultra Senilai Rp 1,57 Triliun

Namun, Bamsoet mengatakan UUD 1945 perlu diamandemen untuk menghidupkan kembali DPA yang ada pada masa Presiden Soekarno dan Soeharto.

Sebab, DPA dibubarkan pada era reformasi dengan amandemen UUD 1945 dan fungsi lembaga ini dialihkan ke Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

“Kalau mau diresmikan lagi, mau apa pun, tidak apa-apa, terserah Park Prabowo, tapi tentu harus melalui amandemen kelima,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top