Ini Waktu yang Tepat Ganti Air Radiator

SOLO, virprom.com – Menjaga sistem pendingin khususnya air radiator mobil sangat diperlukan untuk menjaga performa mesin tetap optimal.

Selain itu, cairan radiator juga berperan penting dalam menjaga suhu mesin tetap stabil, mencegah panas berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan parah.

Oleh karena itu, pemilik mobil perlu melakukan penggantian secara berkala sesuai jadwal, agar mesin tetap dalam kondisi prima dan dapat mengurangi resiko kerusakan.

Baca Juga: Petualangan Unik, Pemilik Hyundai Creta Diajak Minum Kopi dengan Fitur Ini

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, mengatakan penggantian air radiator bisa dilakukan setiap 80.000 kilometer (km).

“Kalau pakai coolant asli bisa bertahan 80.000 km atau empat tahun, asal tidak hilang,” kata Muchlis kepada virprom.com, baru-baru ini.

Sementara itu, Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka, mengatakan air radiator perlu diganti jika sudah mencapai odometer tertentu.

Baca Juga: Pertamax Turbo Drag Fest 2024 ada 3 seri di Pertamina Patra Niaga

“Jika airnya rusak, kemampuan melindungi dari karat mungkin tidak lagi baik. “Kita ganti dengan yang baru, mesinnya lebih awet,” kata Suparna.

Jika tidak, air radiator juga bisa diganti sesuai waktu pemakaian, misalnya setelah empat tahun penggantian.

“Sekarang kita pakai berbulan-bulan, empat tahun saja tidak cukup. Kalau lebih cepat, tidak apa-apa.” katanya. Dengarkan berita terhangat dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https:/ /www.whatsapp.com/ channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top