Aplikasi Kesehatan Berbasis AI Dukung Swamedikasi dan Pemerataan Pelayanan

virprom.com – Wolters Kluwer Health mengikuti Hospital Management Asia 2024 (HMA) di Nusa Dua, Bali pada 27-30 Agustus 2024.

Wakil Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. Dante, Wolters Kluwer, berbagi keahliannya dalam menciptakan aplikasi kesehatan yang didukung oleh Artificial Intelligence (AI).

Wolters Kluwer telah mengembangkan aplikasi kesehatan bernama UpToDate, yang tersedia untuk diunduh di Android dan iOS untuk informasi lebih lanjut.

Program kesehatan ini bertujuan untuk menghubungkan rumah sakit dan tenaga medis dengan masyarakat (pasien).

Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat memperoleh informasi kesehatan dari tenaga medis profesional yang ahli di bidangnya.

Pengguna UpToDate dapat bertanya tentang masalah kesehatan dan menerima jawaban spesifik penyakit dari AI, serta berkonsultasi dengan dokter.

Hal ini dapat mengarah pada diagnosis dini dan pengobatan yang tepat.

Keunggulan tambahan UpToDate untuk layanan kesehatan lainnya atau telemedicine adalah memberikan informasi atau riwayat pasien yang dapat diperoleh oleh dokter yang terafiliasi dengan rumah sakit (RS atau RS).

Norman Derry, Vice President Wolters Kluwer Asia Pacific, menjelaskan UpToDate akan tersedia di seluruh rumah sakit di Indonesia yang bekerja sama dengan Wolters Kluwer.

“Jika rumah sakit bekerjasama, maka tenaga kesehatan (dokter) dapat memanfaatkan program Uptodate ini. Program ini dapat diakses dari jarak jauh oleh tenaga medis dan pasien di mana pun berada,” kata Norman dalam konferensi pers virprom.com, Rabu (28/8/2024). .

Namun meskipun dapat digunakan secara jarak jauh, dari mana saja dan kapan saja, informasi pasien atau catatan kesehatan tetap aman dan dapat digunakan untuk mengkoordinasikan rumah sakit atau klinik untuk mencegah kehilangan data.

Wolters Kluwer yang berbicara tentang keakuratan jawaban dari AI yang digunakan dalam program UpToDate terus memberikan update secara berkala.

“Wolters Kluwer berusaha untuk tetap UpToDate, sesuai dengan nama programnya. Oleh karena itu, penyedia layanan kesehatan berikut dapat memperbarui catatan kesehatan pasien dalam program atau melalui EMR (rekam medis elektronik). Ini mengubah perawatan pasien. dan di rumah,” kata Wolters Kluwer. Saya bekerja sama dengan Kluwer, jadi bisa dapat rekam medisnya,” kata Norman.

Menurut Norman, Wolters Kluwer saat ini bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan di Indonesia untuk mendorong reformasi layanan kesehatan, khususnya dengan menjangkau daerah-daerah terpencil di negara ini untuk membantu masyarakat mengakses layanan kesehatan.

Karena UpToDate tidak hanya membantu meningkatkan kerja di bidang medis, tetapi juga membantu masyarakat untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

“Informasi kesehatan dapat digunakan oleh masyarakat yang memiliki pertanyaan seputar layanan kesehatan terkait riwayat kesehatannya,” kata Mariam Khalil Fernandez, direktur konsultasi medis di Wolters Kluwer.

“UpToDate juga didukung oleh dokter-dokter berpengalaman untuk memastikan layanan tersebut digunakan secara konsisten dan digunakan oleh layanan kesehatan sebagai rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti oleh otoritas kesehatan,” ujarnya. Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih metode perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top