Wapres Buka Munas Ke-10 Forum Organisasi Zakat

JAKARTA, virprom.com – Wakil Presiden Indonesia (Wapres) Ma’ruf Amin akan membuka Musyawarah Nasional (Munas) Forum Organisasi Zakat (FOZ) ke-10, di Istana Wakil Presiden, Jalan Merdeka Selatan, Pusat Jakarta, pada Senin Selasa (16 Juli 2024).

Juru Bicara Wakil Presiden RI Masduki Baidlowi mengatakan, Munas Forum Organisasi Zakat ke-10 akan dihadiri 150 pimpinan organisasi zakat se-Indonesia. 

Masduki dalam keterangan tertulisnya, Senin (15 Juli 2024), mengatakan, “Forum ini menjadi motor penggerak penting gerakan zakat nasional, khususnya Forum Zakat yang menjadi jantung gerakan zakat di Indonesia”.

Baca Juga: Optimalkan Pengelolaan, Kemenag Siapkan Roadmap Zakat Nasional 2025-2045

Dalam program kerja ini, Wapres secara simbolis akan menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Paragon sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam mendukung ekosistem zakat nasional.

Masduki mengatakan, Konferensi Nasional FOZ ke-10 menekankan peran pemerintah dalam mengembangkan zakat sebagai alat untuk memberikan manfaat ekonomi dan sosial kepada masyarakat luas. 

“Dengan dukungan penuh dari pemerintah, Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan pihak swasta seperti Paragon, zakat diharapkan dapat berperan lebih penting dalam mengurangi keluhan,” ujarnya.

Masduki mengatakan, Konferensi Nasional ini juga dapat memperkuat posisi Indonesia di dunia zakat global dan menunjukkan kemajuan signifikan dalam pengelolaan zakat yang menerapkan teknologi dan inovasi. 

“Dengan semangat gotong royong, Konferensi Nasional FOZ ke-10 diharapkan menjadi tonggak penting dalam mewujudkan visi zakat sebagai sumber kekuatan ekonomi inklusif bangsa,” kata Masduki.

Baca juga: Wapres tegaskan data penting negara yang berkali-kali diserang, harus segera ditangani

Forum Zakat didirikan oleh 11 organisasi antara lain Dompet Dhuafa Republika, Bazis DKI Jakarta, Baitul Mal Pupuk Kujang, Baitul Mal Pupuk Kaltim, Baitul Mal Pertamina, Telkom Jakarta, Bapekis Bank Bumi Daya, Lembaga Keuangan Syariah Bank Muamalat Indonesia, PT Internusa Hasta Bumi dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE) Jakarta pada hari Jumat tanggal 19 September 1997.

FOZ merupakan perkumpulan organisasi pengelola zakat yang mempertemukan Badan Amil Zakat (BAZ) dan Organisasi Amil Zakat (LAZ) dari seluruh Indonesia. Dengarkan kumpulan berita dan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top