Mengenal Quillbot, Aplikasi Parafrase Berbasis AI yang Banyak Digunakan Pelajar

virprom.com – Quillbot sepertinya sudah menjadi salah satu aplikasi yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Quillbot dapat membantu siswa dengan tugas-tugas yang berhubungan dengan menulis.

Quillbot dibuat agar pengguna dapat fokus pada konten atau substansi yang ingin disampaikan dalam artikelnya. Dengan Quillbot, pengguna tidak perlu lagi khawatir memikirkan metode atau teknik menulis yang baik.

Baca juga: Ada 5 Aplikasi AI Art Generator, Canva dan Midjourney untuk Membuat Gambar dari Teks

Jadi sebenarnya aplikasi Quillbot digunakan untuk apa? Untuk lebih jelasnya, KompasTekno menguraikan Quillbot sebagai aplikasi yang banyak digunakan oleh pelajar saat ini. Apa itu Quillbot?

Quillbot adalah program atau aplikasi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dengan kemampuan utama menulis ulang (bentuk standar: parafrase) atau mengerjakan ulang teks dengan struktur dan gaya bahasa yang berbeda, tanpa mengubah maksud atau isinya.

Pengguna dapat memasukkan teks ke dalam Quillbot dan program AI ini akan secara otomatis mengubah teks tersebut menjadi teks baru. Pengguna dapat mengakses Quillbot melalui situsnya di quillbot.com.

Sebagai informasi, Quillbot dikembangkan oleh Rohan Gupta, Dave Silin dan Anil Jason pada tahun 2017. Kemudian pada tahun 2021 diumumkan bahwa Quillbot diakuisisi oleh platform pembelajaran online Course Hero.

Saat ini Quillbot telah berkembang pesat. Quillbot akan memiliki 20 juta pengguna aktif di seluruh dunia pada tahun 2022. Selain jumlah penggunanya yang terus bertambah, Quillbot juga memiliki banyak fitur pengolah teks yang tidak lagi sekedar parafrase.

Lalu apa saja fitur dari Quilbot? Jika ingin mempelajari lebih lanjut, simak ulasan fitur Quillbot di bawah ini. Fitur Quillbot

Quillbot kini telah menjadi program kecerdasan buatan produktif yang dilengkapi dengan berbagai kemampuan pemrosesan teks. Secara umum fitur Quillbot mirip dengan program AI generatif berbasis teks lainnya seperti ChatGPT, Copilot, atau Gemini.

Namun Quillbot tidak memiliki format chatbot seperti aplikasi kecerdasan buatan tersebut, sehingga komunikasi hanya bersifat satu arah. Setiap fungsi pemrosesan teks di Quillbot disajikan dalam menu terpisah.

Quillbot memiliki setidaknya delapan fitur menu utama. Fitur Quillbot pada menu utama antara lain pembuat deskripsi, pemeriksa tata bahasa, deteksi penulisan AI, pemeriksa plagiarisme, peringkasan teks, penerjemah teks, pembuat kutipan, dan asisten penulisan.

Untuk fitur pembuatan anotasi atau Paraphraser, pengguna dapat memasukkan teks ke dalam Quillbot dan program akan mendefinisikannya kembali. Pada fitur ini, pengguna dapat mengatur tone deskripsinya seperti formal, akademis, kreatif, dan lain-lain.

Fitur Paraphraser Quillbot juga menyediakan pengaturan jumlah sinonim yang digunakan untuk menggantikan kata saat membuat deskripsi. Semakin sedikit sinonim yang digunakan, semakin akurat deskripsi yang dihasilkan.

Baca juga: Apa itu ChatGPT: Pengertian, Cara Penggunaan dan Kegunaannya

Kemudian, pada fitur grammar checker atau Pemeriksaan Tata Bahasa, pengguna dapat mengecek tata bahasa tulisannya. Dengan fitur ini, Quillbot dapat memberikan koreksi tata bahasa otomatis pada teks yang ditulis pengguna.

Quillbot juga menyediakan fitur deteksi tulisan tangan AI atau AI Detector. Fitur AI Detector diklaim dapat mendeteksi teks yang dihasilkan oleh berbagai program AI seperti ChatGPT, GPT-4 dan Gemini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top