Solusi Wapres Atasi Kuliah Mahal: Ditanggung Pemerintah, Mahasiswa dan Kampus

MAMUJU, virprom.com – Wakil Presiden Indonesia (Wapres) Ma’ruf Amin berpendapat bahwa pembagian tanggung jawab antara pemerintah, mahasiswa, dan perguruan tinggi (PT) bisa menjadi solusi untuk mengatasi beban biaya yang dimiliki universitas tersebut. menjadi masalah akhir-akhir ini.

Hal ini diungkapkan Wakil Rektor menyikapi kenaikan biaya pendidikan (UKT) dan pemberlakuan biaya di banyak perguruan tinggi yang dinilai membebani mahasiswa.

Wapres menilai pemerataan beban biaya pendidikan antara pemerintah, mahasiswa, dan kampus bisa menjadi solusi permasalahan ini.

Baca Juga: Kemendikbud minta UKT perpanjang proses kenaikan biaya KIP Kuliah

“Sejauh yang saya lihat, solusinya adalah membaginya. Seharusnya menjadi beban pemerintah sesuai kemampuannya, beban mahasiswa sesuai kemampuannya, dan beban perguruan tinggi,” kata Wapres saat ditemui di Hotel Grand Maleo Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (22/5/2024).

Wapres mengatakan, pemerintah saat ini tidak mampu membayar seluruh biaya pendidikan yang ditanggung mahasiswa.

Oleh karena itu, ia berpendapat harus ada pemerataan pendanaan agar UKT di banyak perguruan tinggi tidak membebani mahasiswa.

Selain itu, penyelenggaraan pendidikan kepada masyarakat merupakan amanat konstitusi pemerintah.

Baca juga: Komisi

Wapres juga meminta tindakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) untuk mencari solusi lain guna menunjang pendidikan.

PTNBH dinilai dapat mencari sumber pendanaan melalui badan usaha yang dikembangkan untuk menutupi sebagian biaya pendidikan mahasiswa.

“Perguruan tinggi juga didukung agar bisa mengembangkan usahanya yang berbadan hukum. Oleh karena itu, perguruan tinggi tidak boleh hanya sekedar (mengejar kebebasan). PTNBH gratis, kata Wapres.

“Jangan cuma bebas, boleh ini dan itu karena badan hukum, tapi tidak ada tanggung jawab, begitulah. “Itu juga tidak bagus,” tambahnya. Dengarkan berita terpopuler dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top