Di Hadapan Jokowi, Ketua MPR Singgung Ketimpangan Digital di Wilayah Indonesia Timur

JAKARTA, virprom.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan digitalisasi layanan kini merambah ke berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Namun, pria yang akrab disapa Bamsoet ini mencontohkan, terdapat disparitas jumlah di Indonesia bagian timur.

“Digitalisasi yang pesat juga menyisakan permasalahan lain yaitu semakin meningkatnya kesenjangan digital khususnya di wilayah timur Indonesia,” kata Bamsoet pada sidang tahunan MPR RI dan sidang gabungan DPD RI dan kompleks parlemen DPD RI. Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Baca juga: Bamsoets: Saatnya Indonesia Bangun Kekuatan Siber TNI Dimensi 4

Dalam sesi yang dihadiri Presiden Joko Widodo, Bamsoet juga menekankan perlunya memperkuat keamanan siber Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh peretasan data nasional yang terjadi baru-baru ini, yang menunjukkan adanya kebutuhan mendesak bagi lembaga-lembaga nasional untuk fokus pada keamanan siber, termasuk kerangka hukumnya.

Untuk memperkuat keamanan siber, Bamsoet menyarankan pemerintah segera membentuk kekuatan siber TNI.

“Sudah saatnya Indonesia bersiap membangun Tentara Nasional Indonesia dimensi keempat dengan mengerahkan kekuatan siber,” kata Bamsoet.

Baca Juga: Jokowi Hadiri Sidang Tahunan DPR-MPR dengan Mengenakan Pakaian Adat Betawi

Menurutnya, kemampuan siber TNI diperlukan untuk memperkuat tiga matra TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Apalagi dunia kini telah memasuki era digitalisasi, dimana operasi militer dapat dikendalikan dari jarak jauh, lebih cepat, akurat dan tepat.

Selain itu, kata dia, posisi geopolitik Indonesia masih sangat lemah.

Arena perang geopolitik antara Rusia, China, dan Amerika, ujarnya. Dengarkan berita terbaru dan feed berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran virprom.com: https://www.whatsapp .com/channel/0029VaFPbedBPzj13HO3D telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top