Bangun Siang di Akhir Pekan Bisa Menyehatkan Jantung

virprom.com – Menambah jam tidur di akhir pekan bermanfaat bagi tubuh, terutama bagi mereka yang kurang tidur setiap harinya.

Satu dari tiga responden mengatakan mereka tidak cukup tidur setiap hari. Jumlah tidur yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah 7-9 jam sehari.

Penelitian sebelumnya juga mengaitkan gangguan tidur dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Risiko ini mungkin bisa dikurangi dengan menambah jam tidur ekstra di akhir pekan.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang bangun terlambat di akhir pekan memiliki risiko penyakit jantung 19 persen lebih rendah dibandingkan orang yang “gagal mengimbangi kekurangan tidurnya”.

Baca juga: Ini Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Ketika tim peneliti hanya menganalisis kelompok yang kurang tidur, ditemukan bahwa mereka yang tidur lebih banyak di akhir pekan memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Manfaatnya sama bagi pria dan wanita.

“Temuan kami menunjukkan bahwa ada banyak orang yang kurang tidur setiap harinya. Mereka yang tidur lebih banyak di akhir pekan dapat mengurangi risiko penyakit jantung,” kata peneliti penyakit jantung terkemuka asal Tiongkok. , Zechen Liu.

Para ahli telah lama mengetahui hubungan antara penyakit jantung dan kurang tidur. Kurang tidur meningkatkan tekanan darah, peradangan, stres dan obesitas. Semua efek ini berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Baca Juga: Efek Samping Tidur Setelah Jam 13.00 Dengarkan berita terbaru kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top