7 Penyebab Kanker Ovarium di Usia Muda, Termasuk Menstruasi Dini

virprom.com – Kanker ovarium merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh di indung telur atau indung telur. Kanker ovarium paling sering terjadi pada wanita berusia antara 50 dan 70 tahun, namun penyakit ini juga dapat menyerang wanita yang lebih muda.

Kanker ovarium pada remaja putri dapat disebabkan oleh beberapa faktor risiko, antara lain riwayat keluarga, menstruasi dini, dan obesitas.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab kanker ovarium di usia muda, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Apa saja pengobatan untuk kanker paru-paru? Berikut penjelasan dokter… Apa penyebab kanker ovarium di usia muda?

Penyebab pasti kanker ovarium tidak diketahui, namun ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap penyakit ini, termasuk genetika dan gaya hidup.

Dikutip dari laman Ciputra Hospital and Ovarian Cancer Research Alliance (OCRA), Penyebab kanker ovarium dini antara lain:

Seorang wanita dengan riwayat keluarga menderita kanker ovarium, rahim, atau payudara memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini sebelum usia 50 tahun. Menstruasi dini

Salah satu penyebab kanker ovarium di usia muda adalah menstruasi dini atau sebelum usia 12 tahun.

Menstruasi dini dapat meningkatkan jumlah siklus ovulasi, sehingga meningkatkan risiko kanker. kegemukan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kanker ovarium karena sejumlah alasan, termasuk kelebihan lemak tubuh meningkatkan kadar hormon estrogen dan insulin, yang menyebabkan pembentukan tumor dan penyebaran kanker. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan peradangan dan menghambat pertumbuhan sel-sel sehat serta menghambat aliran darah. Obesitas dapat mengubah lingkungan mikro imun tumor ovarium dan memengaruhi respons terhadap kemoterapi standar.

Baca juga: Apakah pasien kanker tulang bisa disembuhkan? Berikut penjelasannya… penderita endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika jaringan endometrium, atau lapisan rahim, tumbuh di luar rahim. Kondisi ini bisa terjadi pada ovarium, saluran tuba, leher rahim, rektum, dan dinding perut.

Endometriosis dapat mengganggu kesuburan. Jika tidak ditangani, masalah ini dapat menyebabkan kesulitan hamil dan kanker ovarium. Sindrom Lynch

Menurut laporan Cleveland Clinic, sindrom Lynch merupakan suatu kondisi genetik yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai jenis kanker, terutama kanker usus besar, rahim, dan ovarium. Kebiasaan merokok

Bahan kimia dalam tembakau dapat menyebabkan mutasi abnormal pada sel. Oleh karena itu, kebiasaan merokok dapat menjadi salah satu faktor penyebab kanker ovarium pada usia ini. Tidak pernah dikandung

Kehamilan dan menyusui dapat menurunkan jumlah siklus ovulasi sekaligus menurunkan risiko kanker ovarium.

Oleh karena itu, wanita berusia 35 tahun ke atas yang belum pernah hamil berisiko lebih tinggi terkena kanker ovarium.

Faktor risiko di atas dapat memicu terjadinya kanker ovarium di usia yang lebih tua. Orang lanjut usia yang menjalani terapi penggantian hormon setelah menopause juga berisiko terkena kanker ovarium.

Baca juga: Apa itu kanker ovarium, penyebab dan gejalanya serta dengarkan beritanya langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top