Gerbong Prabowo di Kabinet Semakin Panjang usai “Reshuffle”

JAKARTA, virprom.com – Beberapa orang yang dekat dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto terpilih kembali menjadi anggota kabinet tertinggi Indonesia.

Perombakan kabinet terbaru yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah jumlah orang-orang terdekat Prabowo di kabinet.

Mereka yang dekat dengan Prabowo dan mantan anggota kabinet termasuk di antara pemenang kampanye pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Pada Juli 2024, Jokowi menunjuk keponakan Prabowo dan mantan ajudan pribadinya ke kabinet.

Baca juga: Menteri Baru yang Berkomplot dengan Prabowo Sebelum Ambil Alih Jokowi

Keponakan Prabowo yang dimaksud adalah Thomas Djiwandono. Ia diangkat menjadi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II.

Sebelumnya, Tommy, sapaan akrab Thomas, merupakan Bendahara Partai Gerindra, Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, dan anggota Tim Sinkronisasi Ekonomi dan Keuangan Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Ia juga merupakan anak dari mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Sudajad Djiwandono.

Saat itu, Jokowi juga menunjuk mantan ajudan pribadi Prabowo, Sudaryono, sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

Baca juga: Profil Juru Bicara Hasan Nasbi Prabowo yang Ditunjuk Jokowi Jadi Kepala Kantor Hubungan Presiden

Sudaryono merupakan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah. Ia sebelumnya dijadwalkan maju pada Pilkada Jawa Tengah 2024.

Pada pelantikan kabinet, Senin (19/8/2024), Jokowi melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Angga merupakan mantan grup media di TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming pada Pilpres 2024.

Jokowi juga menunjuk politikus Gerinndra Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), menggantikan Yasonna Laoly dari Partai Demokrat Indonesia (PDI-P).

Jokowi juga menunjuk Ketua TKN Prabowo-Gibran Rosan P. Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM menggantikan Bahlil Lahadalia.

Baca juga: Jokowi Ciptakan Posisi Istana Baru untuk Hasan Nasbi Sebagai Juru Bicara Prabowo-Gibran

Sementara Bahlil yang juga kubu Prabowo kini menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif.

Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran Hasan Nasbi juga ditunjuk sebagai Kepala Kantor Penghubung Presiden. Dia adalah konsultan politik pendiri Cyrus Network Polster.

Menurut Koordinator Operasi Khusus Presiden Ari Dwipayana, pelantikan sejumlah pejabat baru merupakan persiapan pergantian pemerintahan.

“Penunjukan menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung pergantian pemerintahan agar berjalan lancar dan efisien,” kata Ari. Dengarkan berita terkini dan informasi pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top