Jokowi Tinjau Pemberian 300 Pompa Sawah Tadah Hujan di Bone Sulsel

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo pada Kamis (4/7/2024) meninjau langsung pelaksanaan bantuan 300 unit pompa irigasi sawah dan pertanian (pampanisasi) di Desa Jaling, Kabupaten Basu, Provinsi Sulawesi Selatan. Ia didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Kunjungan tersebut, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, merupakan bagian dari upaya pemerintah meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani melalui perbaikan sistem irigasi di daerah kering seperti Provinsi Sulawesi Selatan.

Saat berada di lokasi, Kepala Negara berinteraksi langsung dengan para petani yang bekerja di sawah.

Izal, seorang petani, mengaku sangat membutuhkan air hujan untuk mengairi sawahnya di dataran tinggi.

Baca Juga: Pompa bantuan, optimisme Jokowi dan produksi pertanian meningkat…

“Di sini kita tunggu air hujan, tapi hujannya kurang. Ini sawah dataran tinggi. Jadi kita bisa menunggu air hujan baru mengolah sawah,” Izal mengutip keterangan resmi. Kamis dari Sekretariat Presiden.

Menurut Isal, penyediaan pompa di Sulawesi Selatan akan membantunya mengakses air yang dibutuhkannya.

“(Satu perbedaannya), kalau tidak hujan, tidak kerja di sawah karena itu sawah yang harus menunggu air hujan (ada pompa). Lancar,” kata Izal.

Andy Mus Mulyadi, petani lainnya, mengatakan pompa ini bisa mengatasi kekurangan air saat kekeringan.

Selain itu, Andy menyoroti perbedaan signifikan antara produksi tanaman dengan penggunaan pompa irigasi.

Baca Juga: Kunjungi Sulsel, Jokowi Kaji Proyek Pemompaan

“Kalau setahun sekali tidak ada pompa (penanaman), selama ini alhamdulillah ada pompa dan bisa tiga kali dengan hasil yang sama. Selisih ton kalau pakai pompa hampir satu ton dibandingkan pakai pupuk organik. ,” kata Andi.

Turut hadir dalam acara tersebut Presiden dan Ibu Iriana bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Gubernur Sulawesi Selatan adalah Judan Arif Fagrullo dan bertindak. Bupati Perahu Andy Islamuddin. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top