Kenali Penyebab Bunyi Kasar Saat Starter Motor Matik Karbu

SOLO, virprom.com – Suara keras yang muncul saat menghidupkan sepeda motor matic dengan sistem pengapian karburator tentu dapat mengganggu kenyamanan pengendara. Jika hal ini tidak segera diatasi, dikhawatirkan masalah ini akan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik untuk segera mengenali dan mengatasi penyebab suara kasar tersebut agar sepeda motor matic tetap dalam kondisi prima saat digunakan.

Andre, pemilik Bengkel Sepeda Motor Dhinatha Jaya Garage, mengatakan bunyi start kasar pada sepeda motor auto karburator biasanya disebabkan oleh komponen yang sudah aus.

Baca Juga: Diskon Mobil Listrik Agustus 2024, Wuling BinguoEV Tembus Rp 75 Juta

Biasanya pinion atau dinamo starter sudah aus, atau bisa juga disebabkan oleh pelumas atau kekurangan pelumas, kata Andre kepada virprom.com, Senin (19/08/2024).

Andre menjelaskan, penyebab umum timbulnya bunyi start kasar adalah gigi yang aus dan perlu diganti.

Sedangkan jika pemiliknya ingin mengakalinya, tidak harus berubah, bisa saja dilakukan, namun hanya sementara dan tentunya tidak aman.

Baca Juga: Diskon LSUV Agustus 2024, Toyota Rush Capai Rp 31 Jutaan

“Kalau bisa diakali, itu hanya sementara, lebih baik diganti kalau aman,” kata Andre.

Selain itu, komponen-komponen ini mempunyai masa pakai dan perlu diganti jika sudah aus dan mulai mengeluarkan suara yang keras.

“Memang ada masa pakainya, kalau penggantiannya tergantung kondisi partnya. Misalnya kalau suara starternya kasar banget, bisa diganti. lama, tapi suara starternya masih sepi, tidak perlu ganti dia,” kata Andre. Berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda Dengarkan di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses virprom.com Saluran WhatsApp : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPz13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top