Power Window Macet, Cari Tahu Penyebabnya!

JAKARTA, virprom.com – Power window merupakan salah satu perangkat yang dipasang untuk memudahkan membuka dan menutup jendela oleh pemilik kendaraan dan penumpang.

Namun tidak jarang pemilik mobil menemukan fungsi ini diblokir. Ibarat kaca yang tertarik atau tidak lancar seiring bertambahnya atau berkurangnya kondisi.

Ryan dari bengkel spesialis Tiga Saudara Motor yang berlokasi di kawasan Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat, mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan fungsi jendela elektrik tidak berfungsi sempurna.

Baca juga: Akankah Mobil Listrik Murah Hyundai Inster Juga Meluncur di Indonesia?

Biasanya karena usia, mobil yang berumur tiga hingga empat tahun sering bermasalah, kata Ryan kepada virprom.com, Rabu (28/8/2024).

Usia ini biasanya disebabkan oleh keausan pada alternator. Semakin banyak digunakan maka kekuatannya akan semakin cepat berkurang.

Jadi menurut Ryan, penyebab lain disebabkan oleh pemilik kendaraan.

“Human error juga bisa menjadi salah satu faktornya karena digunakan secara kasar dan cepat rusak,” kata Ryan.

Sementara itu, Workshop Manager Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana menambahkan, kerusakan power window terbagi dua, ringan dan berat.

“Kotoran di jalur jendela saja bisa menyebabkan jendela elektrik macet. Banyak debu dan butiran kecil pasir yang masuk ke lubang-lubang karet kaca,” kata Andika.

Kerusakan pada komponen kelistrikan juga dapat menyebabkan jendela macet. Dua komponen utama yang menentukannya adalah saklar dan saklar hubung singkat.

Baca juga: Ada Pemotongan Pajak, Kantor Samsat Jakarta Buka di Hari Sabtu

Selain itu, central locking dan electric window juga sensitif jika terkena air hujan. Masalah ini disebabkan oleh adanya lubang di dekat talang atau karet kaca dengan diameter tertentu.

Menurut Andhika, kerusakan ringan masih bisa diperbaiki, namun untuk kerusakan motor dan kelistrikan akibat turun tegangan, suku cadangnya hanya bisa diganti.

“Jika hanya kotoran karet kaca saja, bisa dibersihkan dengan minyak silikon, untuk meredam juga suara kerasnya. Sedangkan jika karena saklar atau saklar power window, titik kontak noda tersebut masih bisa dibersihkan atau diganti. mereka jika perlu”, kata Andika. Lihat berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda. Akses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top