Berapa Lama Usia Layak Pakai Ban Mobil?

JAKARTA, virprom.com – Kondisi ban yang sudah tidak perlu digunakan lagi bisa menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Itu sebabnya penting bagi setiap pengemudi untuk mengetahui kapan waktunya mengganti ban dan cara merawatnya dengan benar agar berkendara aman.

Vice President Bridgestone Indonesia Original Equipment (OE) Fisa Rizqiano mengatakan, belum ada jawaban pasti kapan ban mobil bisa digunakan.

Baca juga: Waspada Pencurian Sepeda Motor dari Kolektor

“Tidak ada solusi yang universal, namun ada banyak hal yang dapat dilakukan pengemudi untuk memaksimalkan investasinya dan menghindari berkendara dengan ban yang berbahaya,” kata Fisa, Kamis 15/08/2024.

Menurut Fisa, banyak faktor yang mempengaruhi umur ban, seperti perawatan, gaya berkendara, dan kondisi jalan sehari-hari.

“Rata-rata orang berkendara 20.000 hingga 25.000 kilometer dalam setahun, artinya ban yang bagus akan bertahan rata-rata tiga hingga lima tahun, tergantung kondisi, kondisi dan kendaraannya,” jelasnya.

Baca juga: PO Widja Lestari Luncurkan Bus Wisata Baru dengan Warna Baru

Untuk menjaga kondisi ban Anda tetap baik, Fisa menyarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan udara secara berkala, penggantian ban, serta menjaga keseimbangan dan kesejajaran roda.

Hal ini penting agar ban tidak mengalami keausan yang tidak merata sehingga dapat memperpendek umur ban dan meningkatkan risiko kecelakaan. Dengarkan berita terbaru dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top