Apakah Rebusan Daun Kelor Bisa Menurunkan Hipertensi? Ini Ulasannya…

virprom.com – Daun kelor mengandung banyak nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mengonsumsinya dengan air matang. Lantas, apakah daun kelor rebus bisa menurunkan tekanan darah tinggi?

Ternyata rebusan daun kelor terbukti bisa menurunkan darah tinggi karena bahan alami yang dikandungnya.

Selain mampu menurunkan tekanan darah tinggi, meminum teh daun kelor juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti mengurangi peradangan, menurunkan kadar gula darah, dan menurunkan risiko kanker.

Untuk lebih jelasnya, simak dibawah ini manfaat rebusan daun kelor untuk darah tinggi dan manfaat kesehatan lainnya.

Baca Juga: Untuk Obat Apa Ekstrak Daun Kelor? Ini daftar 10… Apakah daun kelor yang dimasak bisa menurunkan tekanan darah tinggi?

Rebusan daun kelor mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga menjaga kesehatan jantung.

Menurut penelitian dalam jurnal Frontiers in Pharmacology tahun 2022, daun kelor terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi bila dikonsumsi selama 3 minggu.

Tidak hanya melibatkan tikus, namun beberapa orang dilibatkan dalam penelitian untuk menggali manfaat daun kelor dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi 120 gram daun kelor yang dimasak selama seminggu dapat menurunkan tekanan darah dalam waktu dua jam.

Pasalnya, daun kelor mengandung antioksidan, potasium, dan kalsium yang memperlambat penyerapan natrium dan menurunkan tekanan darah.

Tak hanya itu, kandungan flavonoid pada daun kelor terbukti mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Meski penelitiannya melibatkan konsumsi daun kelor, meminum air rebusannya diyakini menawarkan manfaat serupa.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui manfaat daun kelor yang dimasak untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Apa Khasiat Minum Air Rebusan Daun Kelor? Berikut 5… manfaat daun kelor untuk kesehatan

Ekstrak daun kelor bermanfaat dalam menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, namun juga memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Seperti dilansir WebMD, daun kelor memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, antara lain: mengurangi gejala radang sendi atau pembengkakan sendi, retensi cairan, kemerahan, dan nyeri, karena membantu tubuh memproses diabetes, membantu meningkatkan dan memengaruhi cara insulin diproduksi dalam tubuh. Memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan meningkatkan efektivitas kemoterapi Mengurangi stres dan peradangan pada otak, sehingga memberikan efek positif pada daya ingat

Penting untuk dipahami bahwa rebusan daun kelor dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebelum dikonsumsi secara rutin.

Meski beberapa penelitian telah membuktikan manfaat tersebut, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas daun kelor dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Minum air rebusan kelor setiap hari umumnya aman dan tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Namun, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya setiap hari, terutama jika Anda memiliki riwayat kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat. Dengarkan berita terkini dan pilihan cerita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top