Di Hadapan Dirjen FAO, Jokowi Bersyukur Sektor Pertanian Berkontribusi 12,5 Persen terhadap PDB 2023

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo meyakini sektor pertanian Indonesia mampu menyumbang 12 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2023. Sektor ini akan terus tumbuh sebesar 1,7% meski terkena dampak Covid-19. wabah

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi usai menerima penghargaan Agricola Medal dari Food and Agriculture Organization (FAO) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2024).

“Kami yakin sektor pertanian di Indonesia pada masa pandemi mampu terus tumbuh sebesar 1,7 persen. Dan pada tahun 2023 akan memberikan kontribusi sebesar 12,5 persen terhadap PDB negara,” kata Jokowi di Istana Negara, Jumat.

Baca juga: Jokowi Terima Medali Agricola dari FAO, Apresiasi Ketahanan Pangan Indonesia

Presiden mengatakan, pertumbuhan sektor pertanian tidak dapat dipisahkan dari pemenuhan pangan dan kemandirian negara.

Ia menambahkan, Indonesia sangat menyadari pentingnya kedaulatan dan kemandirian pangan, karena pangan merupakan sumber daya manusia penting yang tidak bisa dihentikan dan diabaikan.

Menurutnya, negara mempunyai kewajiban untuk menjamin ketersediaan dan ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat.

“Memang program ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas pemerintah karena Indonesia sangat menyadari pentingnya kemandirian pangan dan tata kelola mandiri, terutama di tengah berbagai ketidakpastian yang ada di dalam negeri,” ujarnya.

Baca juga: FAO dan WHO dukung Penelitian Kolaboratif Pembangunan Kesehatan Indonesia

Jokowi juga mengatakan, Medali Agricola yang diberikan oleh Direktur Jenderal FAO Qu Dongyu diberikan kepada seluruh petani dan masyarakat pendukung sektor pertanian.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan terhadap upaya Indonesia dalam mencapai ketahanan pangan.

Mantan Gubernur Jakarta ini berharap kenaikan harga di sektor pangan dan pertanian dapat memacu semangat bangsa bersama-sama mewujudkan negara berkecukupan pangan.

Dan Indonesia berharap FAO dapat terus menjadi jembatan kuat yang menghubungkan langkah-langkah global untuk ketahanan pangan bersama, jelas Jokowi. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk menemukan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top