Waspada Modus Pencurian Motor Berkedok Debt Collector

JAKARTA, virprom.com – PT Federal International Finance (FIFGROUP) baru-baru ini menghadapi kasus penipuan yang melibatkan seorang debt collector bernama MN.

MN mengaku mereka merupakan kelompok penagihan dari FIFGROUP Cabang Boeung Koul dan memanfaatkan posisinya untuk melakukan penipuan.

Kasusnya bermula saat MN mendatangi rumah seorang pelanggan bernama BA yang kesulitan mendapatkan suku cadang sepeda motornya.

Baca juga: Harga Aki Mobil Listrik Bakal Lebih Murah

Berkedok debt collector, MN menawarkan solusi dengan mengambil sepeda motor BA dengan menjanjikan hadiah Rp 2 juta.

Hadiahnya berupa uang muka Rp 1,5 juta dan tambahan Rp 500.000 jika sepeda motor dipindahtangankan. BA yang khawatir dengan keadaan keuangannya menyetujui dan menyerahkannya kepada MN.

Namun, alih-alih membawa sepeda motor tersebut ke FIFGROUP, MN justru menjualnya seharga Rp 6 juta dan membagikan langsung hasil penjualannya. Akibatnya FIFGROUP mengalami kerugian materil sebesar Rp 20 juta.

Baca juga: Seal Jadi Produk BYD Terlaris di Indonesia, Ini Alasannya

Penipuan diketahui ketika staf FIFGROUP cabang Bengal mengunjungi rumah BA dan menemukan sepeda motor diderek.

Usai dilakukan penyelidikan, FIFGROUP melaporkan MN ke polisi. Pengadilan Negeri Bengkulu kemudian memvonis MN dua tahun delapan bulan penjara berdasarkan Resolusi 160/Pid.B/2024/PN Bgl.

Distri Winarko, Kepala Cabang FIFGROUP Bengkulu, mengatakan pihaknya belum pernah menyelesaikan proses penyelesaian utang tersebut.

Baca juga: Hitung Rencana Pinjaman Jalan Honda All New BeAT Mulai Rp 500.000

Dia mengimbau konsumen untuk mewaspadai oknum tidak pantas yang memanfaatkan situasi demi keuntungannya sendiri.

“Konsumen harus mewaspadai oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab karena berpotensi menyeret kliennya ke pengadilan,” kata Distri dalam keterangan resmi (15/8/2024).

Distri juga menyarankan pelanggan untuk menghubungi kantor FIFGROUP secara langsung jika mengalami kendala pembayaran untuk mendapatkan solusi yang tepat dan tertib.

Baca juga: Kymco CV-R5 Tawarkan Ide Sepeda Motor Petualang

“Nasabah bisa datang langsung ke kantor kami dan menjelaskan permasalahan yang mereka hadapi dan tentunya kami akan memberikan solusi yang tidak saling mempengaruhi,” ujarnya.

Peristiwa tersebut menjadi peringatan penting bagi masyarakat untuk tetap waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan lembaga keuangan. Dengarkan berita dan pilih informasi langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top