Apa Manfaat Rebusan Daun Salam Kering? Berikut 10 Daftarnya

virprom.com – Daun salam kering sering digunakan sebagai bahan penyedap masakan. Selain itu, rebusan daun salam kering juga sering menjadi alternatif pengobatan penyakit tertentu. Apa manfaat kesehatan dari memasak daun salam kering?

Manfaat daun salam yang dikeringkan dan dimasak antara lain menurunkan kadar asam urat, menghilangkan rasa sakit, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menghilangkan stres.

Untuk lebih jelasnya mengenai berbagai manfaat masakan daun salam kering, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Rebus Daun Salam Setiap Hari? Berikut daftar 10. Apa saja manfaat memasak daun salam kering?

Daun salam kaya akan potasium, magnesium, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, daun salam juga memiliki sifat diuretik, antijamur, antirematik, antiinflamasi, antioksidan, stimulan, dan ekspektoran sehingga sering digunakan sebagai alternatif pengobatan penyakit tertentu.

Daun salam segar dan kering memiliki manfaat kesehatan yang sama.

Dikutip dari Healthline dan Healthshots, berikut sederet manfaat daun salam kering dan matang bagi kesehatan: Menurunkan kadar asam urat

Daun salam mengandung bahan aktif quercetin, myristin dan myrisetin yang berperan dalam menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan asam urat.

Menurut penelitian yang dimuat di BANRJournal, dua senyawa dalam daun salam yaitu flavonoid dan tanin juga dapat menurunkan pembentukan kadar asam urat dengan cara mengikat enzim xanthine oksidase. Meredakan rasa sakit

Kandungan eugenol dan methylchavicol pada daun salam efektif membunuh bakteri dan jamur sehingga dapat meredakan nyeri dan peradangan akibat keseleo, radang sendi, dan rematik.

Baca Juga: Adakah Efek Samping Minum Daun Salam yang Dimasak? Begini penjelasannya.. Meningkatkan imunitas tubuh

Berbagai nutrisi dan senyawa dalam daun salam mampu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga mencegah berbagai risiko penyakit.

Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan daun salam di dapur dan dalam air rebusan dapat mencegah tumor dan kanker. Meringankan sinus

Infeksi sinus adalah peradangan pada rongga hidung yang menyebabkan sakit kepala, hidung tersumbat, pilek, dan nyeri pada wajah.

Menurut penelitian, senyawa eugenol yang terdapat pada daun salam yang dimasak, dikeringkan, dan segar dapat mengobati penyakit yang berhubungan dengan infeksi sinus.

Namun penelitian masih terbatas pada tikus sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat daun salam dalam meredakan infeksi sinus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top