Pengusaha UEA Puji IKN, Jokowi: Saya Enggak Suka Pujian, tapi Kepastian Investasi

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo bercerita saat Wilayah Ibu Kota Negara (IKN) dipuji oleh pemilik Emaar Properties asal Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu.

Menurut Jokowi, pemilik Emaar Properties saat itu memuji IKN sebagai lokasi terindah dibandingkan berbagai lokasi lain yang pernah ia kunjungi untuk berinvestasi.

Pemilik Emaar Properties yang disebut Jokowi adalah Founder dan CEO Mohamed Ali Rashed Alabbar dan CEO Ahmad Thani Rashed Almatrooshi yang sebelumnya sempat mengunjungi IKN pada 26 Mei 2024.

“Nah, pemilik Emaar (properti Emaar) itu dari Dubai, Uni Emirat Arab. Kami bawa ke Nusa Dua, Mandalika, Labuan Bajo. (Kemudian) dia bawa kembali ke sini ke nusantara, lalu dia datang ke Jakarta untuk bertemu. ketemu,” kata Jokowi saat menyampaikan pidato pada peresmian Astra Biz Center dan Kebun Raya Nusantara di Kabupaten IKN, Kalimantan Timur, seperti dilansir tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Groundbreaking Astra Biz Center dan Kebun Raya Nusantara di IKN oleh Jokowi

“Apa yang dia katakan kepada saya?” Presiden Jokowi, tidak ada tempat yang lebih baik atau lebih indah. Saya sudah berinvestasi di banyak negara, ini bagian terbaiknya,” lanjutnya menirukan pembicara saat itu.

Namun, Jokowi langsung menjawab tak perlu memuji keindahan IKN di Kaltim.

Sebaliknya, keamanan investasi diberikan untuk mendorong pembangunan di wilayah tersebut.

“Saya bilang, ‘Saya tidak suka pujian, yang saya inginkan adalah investasi (kepastian), Pak.’ (Yah) saya bilang, “Dia langsung berkomitmen (investasi), tapi saya tidak bilang jumlahnya karena belum ditandatangani,” kata Jokowi.

“Saya belum mau ngomong karena saya belum tanda tangan. Terlalu besar. Terlalu besar. Insya Allah bulan Juli nanti kita tandatangani di Abu Dhabi atau Dubai,” jelasnya.

Kepala Negara kemudian menegaskan, ia menyampaikan sejarah investasi tersebut guna memberikan gambaran kepada investor dalam negeri mengenai kemungkinan kenaikan harga tanah di kawasan IKN.

Baca juga: Pengunduran Diri Ketua Otorita IKN Dianggap Merugikan Jokowi, Bikin Investor Takut

Jika perjanjian investasi ditandatangani dengan perusahaan Uni Emirat Arab, menurut dia, harga tanah di IKN bisa kembali berubah.

Karena saat ini harga tanah di IKN bervariasi antara Rp 400 ribu – Rp 800 ribu per meter.

Sedangkan harga tanah di Balikpapan yang tak jauh dari IKN mencapai Rp 15 juta per meter.

Jokowi membandingkannya dengan harga tanah di Jakarta yang Rp 200 juta per meter.

“Tapi saya kasih tahu harganya sekarang, besok bisa berubah. Tergantung apa yang dilakukan kepala otoritas. Kalau banyak yang minta, otomatis kalau permintaan tinggi, otomatis harganya naik,” dia menekankan.

Baca Juga: Puan Sarankan Pemerintah Jokowi Bicara dengan Kubu Prabowo Pilih Ketua Otoritas IKN

Sebagai informasi, sejumlah pengusaha juga turut hadir dalam peresmian Astra Biz Center dan Kebun Raya Nusantara di IKN, Kalimantan Timur.

Diantaranya adalah pengusaha real estate dan pemilik Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma (Aguan) dan Anindya Bakrie.

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto turut hadir. Dengarkan berita terkini dan kumpulkan berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top