4 Amanat Penting Dompet Dhuafa pada HUT Ke-79 RI, Mengabdi untuk Bangsa dan Dunia

virprom.com – Presiden Yayasan Dompet Dhuafa Republik Ahmad Juwaini menjelaskan empat amanah penting yang menjadi landasan perjuangan Dompet Dhuafa.

Keempat hal itu, kata dia, sesuai dengan tujuan negara Indonesia berdasarkan UUD 1945.

Pertama, kami berkomitmen melindungi seluruh bangsa Indonesia melalui program kemanusiaan dan tanggap bencana, kata Ahmad dalam siaran pers yang diterima virprom.com, Selasa (27/08/2024).

Pernyataan tersebut disampaikan Ahmad selaku inspektur upacara HUT RI ke-79 di Zona Madina, Parung, Bogor, Sabtu (17/08/2024).

Baca Juga: Ulang Tahun ke-12, AirNav Indonesia Dukung Pelestarian Penyu

Ia mengungkapkan Dompet Dhuafa terlibat aktif dalam berbagai upaya tanggap bencana di seluruh Indonesia.

Menurut Ahmad, tanggap darurat, pemulihan bencana, dan rehabilitasi korban merupakan bukti nyata komitmen Dompet Dhuafa dalam melindungi seluruh bangsa Indonesia.

Kemudian dijelaskan, amanah kedua adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan ekonomi dan sosial.

“Dalam konteks ini, Dompet Dhuafa melaksanakan berbagai program pemberdayaan ekonomi, seperti pemberian modal usaha bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pelatihan keterampilan dan pengembangan sektor pertanian dan peternakan. Pendekatan ini kami sebut dengan pemberdayaan berbasis kewirausahaan filantropis .” jelasnya. adalah Ahmad.

Baca juga: MEC dan Binus University: AI dan Digital Marketing Jadi Kunci Dekatkan Pelanggan

Ia mengungkapkan amanah penting berikutnya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia.

Dompet Dhuafa, kata Ahmad, banyak memberikan beasiswa bagi santri yang membutuhkan.

“Selain itu, kami juga mendirikan sekolah di daerah terpencil dan menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

Amanat terakhirnya adalah ikut serta dalam penyelenggaraan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Baca juga: Filipina Sebut China Pengacau Perdamaian ASEAN Terbesar, Kenapa?

Ahmad mengatakan, amanah tersebut diwujudkan melalui program kemanusiaan global.

Selain fokus pada politik dalam negeri, kata dia, Dompet Dhuafa juga terlibat dalam program bantuan kemanusiaan di berbagai negara yang membutuhkan, seperti bantuan untuk pengungsi, korban perang, dan bencana di berbagai belahan dunia.

“Keterlibatan dalam kegiatan kemanusiaan global menunjukkan kontribusi Dompet Dhuafa dalam mendukung ketertiban dunia sesuai dengan prinsip kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945,” tambah Ahmad.

Baca juga: Tanggapi Manuver DPR, Pakar: UUD 1945 Larang Putusan MK Dibatalkan Undang-Undang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top