Belajar dari Kecelakaan di Exit Tol Bawen, Krusialnya Sabuk Pengaman

Jakarta, kompas. Com – Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sebuah mobil Toyota Kia bertabrakan dengan kecelakaan di Pintu Tol Baon Exit Chowk.

Rekaman itu diunggah dari akun Instagram bernama @andreli_48. Dalam tayangan tersebut, sebuah mobil Toyota Kia mengalami kerusakan parah di bagian belakang. Terlihat juga ada sepeda motor yang melaju di bawah Kaliya merah.

Gerobak juga terlihat terbalik saat menabrak pembatas jalan.

Baca juga: Hasil Latihan MotoGP Jerman 2024, Vinil Tercepat

Kecelakaan diketahui terjadi karena rem trailer bernomor registrasi H 8121 JQ tidak berfungsi dengan baik. Pengemudi tak mampu menghentikan trailernya hingga akhirnya menabrak beberapa kendaraan di depannya.

Kasatlantas Polrestabes Semarang AKP Arpan mengatakan, trailer tersebut awalnya melaju dari arah Bawin menuju Tuntang. Namun karena remnya diduga blong, ia bertabrakan dengan kendaraan lain di depannya.

“Saat itu traffic lightnya merah, jadi rem truk blong karena jaraknya dekat dan tidak bisa menghindarinya, makanya terjadi kecelakaan lalu lintas,” Arpan, virprom.com, Sabtu (6/6/2017). sehubungan dengan 7/2024).

Sementara itu, pengemudi Toyota Kalia Cantiarso mengaku bersyukur tidak mengalami luka luar meski mengalami kecelakaan hebat. Diakuinya, hal itu terjadi karena ia mengenakan sabuk pengaman saat berkendara.

“Saya bersyukur bisa selamat. Tidak dapat disangkal bahwa penggunaan sabuk pengaman sangat penting baik bagi pengemudi maupun penumpang.” Namun sayangnya airbag tidak muncul di dalam mobil, kata Cantiarso.

Baca Juga: Mau Beli Yamaha Nmax Turbo? Os dalam waktu 2 bulan

Belajar dari kecelakaan tersebut, penggunaan sabuk pengaman atau seat belt memang menjadi suatu keharusan bagi pengemudi dan penumpang.

Direktur Pelatihan Safety Defence Consultants Indonesia (SDCI) Sonny Susmana mengatakan penggunaan sabuk pengaman dapat mengurangi risiko cedera pada pengemudi dan penumpang jika terjadi kecelakaan.

Menurut Sony, sabuk pengaman tidak bisa menyelamatkan penumpang dan pengemudi jika terjadi kecelakaan, namun bisa mengurangi risiko cedera pada pengemudi dan penumpang.

“Jadi semua penumpang di baris mana pun harus memakai sabuk pengaman dan karena keselamatan penumpang adalah tanggung jawab pengemudi, maka pengemudi harus memastikan semua penumpang memakainya sebelum menyalakan mobil,” kata Soni.

Baca Juga: Chery Berencana Bawa Mobil Baru di GIIAS 2024, Tiggo 9?

Sabuk pengaman merupakan faktor penting dalam keselamatan pengemudi, terutama jika terjadi kecelakaan atau tabrakan. Jika tidak memakai sabuk pengaman, ada risiko pengemudi dan penumpang terjatuh atau terkena airbag.

“Yang penting keselamatan menjadi prioritas utama. “Salah satunya adalah penggunaan sabuk pengaman sebagai ide keselamatan,” kata Sony. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. virprom.com WhatsApp Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top