Fakta atau Mitos Merawat Mobil Eropa Lebih Ribet dan Mahal?

JAKARTA, virprom.com – Banyak pemilik mobil Indonesia yang masih ragu memilih mobil Eropa karena dianggap lebih ribet dan mahal perawatannya dibandingkan mobil Jepang.

Kesadaran tersebut kerap membuat pembeli berpikir dua kali sebelum memutuskan memiliki mobil asal benua biru tersebut. Namun, apakah perawatan mobil Eropa lebih sulit?

Menurut Anantyo Herlambang, pemilik Bengkel Eurostars x Ping Garage di Jakarta Selatan, perawatan mobil Eropa tidak jauh berbeda dengan mobil Jepang.

Baca Juga: Perbedaan Motor Ducati yang Digunakan Marquez dan Bagnaia di MotoGP 2024

Kurang lebih sama dengan mobil Jepang. Mobil Eropa sedikit berbeda pada sistem pendinginnya,” kata Anantio kepada virprom.com, Rabu (28/8/2024).

Anantio menjelaskan, perbedaan yang dimaksud terletak pada sistem pendingin mobil Eropa yang lebih kompleks dan memerlukan perhatian lebih.

Sistem pendingin pada mobil Eropa dirancang untuk tahan terhadap suhu tinggi, sehingga penting untuk selalu memastikan sistem berfungsi dengan baik.

Meski demikian, Anantio menegaskan, pemeriksaan ini tidak sulit jika dilakukan secara rutin dan dengan peralatan yang tepat.

Ia juga menambahkan, perawatan jangka panjang pada mobil Eropa tidak jauh berbeda dengan mobil lainnya.

“Perawatan jangka panjang yang paling umum adalah penggantian oli dan servis rutin,” kata Anantio.

Namun mobil Eropa memiliki satu keunggulan dibandingkan mobil Jepang, yakni ketahanan suku cadangnya.

“Tentu saja suku cadangnya memiliki umur yang lebih panjang, misalnya penggantian, dibandingkan mobil Jepang. Hanya saja lebih mahal.”

Baca juga: Jaringan Dealer Mobil Bekas Honda Meluas hingga Gorontalo

Dengan kata lain, meskipun harga suku cadang mobil lebih mahal di Eropa, pemilik mobil bisa mendapatkan nilai lebih dalam jangka panjang karena masa pakainya yang lebih lama.

Oleh karena itu, merawat mobil Eropa mungkin sedikit lebih mahal, namun bukan berarti lebih sulit. Dengan perawatan rutin dan perhatian pada sistem pendingin, mobil Eropa bisa bertahan lama dan tetap dalam kondisi prima. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top