Wapres Dorong Zakat sebagai Solusi Pengentasan Kemiskinan

JAKARTA, virprom.com – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong gerakan donasi zakat sebagai solusi untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Wapres pada pembukaan Konferensi Nasional (Munas) Forum Zakat ke-10 di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (16 Juli 2024).

“Saya yakin dengan adanya gerakan zakat secara besar-besaran pasti akan menciptakan kekuatan yang ampuh untuk mengatasi permasalahan kemiskinan di masyarakat,” kata Wapres, Selasa.

Baca juga: Wapres Minta Penyaluran Zakat Ditargetkan

Menurut Wapres, pengumpulan zakat ratusan triliun bisa menjadi solusi penguatan ekonomi kerakyatan.

“Potensi zakat yang bisa mencapai Rp327 triliun harus dioptimalkan agar menjadi instrumen penting dalam proses pembangunan untuk mencapai keadilan sosial di masyarakat,” ujarnya. 

Ma’ruf Amin mengatakan kemungkinan alokasi zakat setara dengan 76% anggaran perlindungan sosial pada APBN 2022.

Baca juga: Wapres Buka Musyawarah Nasional Forum Organisasi Zakat ke-10

Untuk itu, kata Wapres, diperlukan langkah-langkah strategis untuk terus memperkuat pengelolaan zakat, seperti penguatan regulasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dinamis dan penyusunan roadmap pembuatan dokumen acuan serta arah kebijakan strategis pengelolaan zakat untuk Golden. Indonesia 2045.

“Berbagai upaya tersebut juga penting dalam membangun ekosistem zakat yang transparan, profesional, dan akuntabel sehingga kontribusi zakat semakin signifikan dalam mengurangi kemiskinan,” kata Wapres. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top