Selandir, Mobil Karya Siswa SMKN 1 Lingsar Ikut Kompetensi Shell Eco-Marathon

LOMBOK TENGAH, virprom.com – Mobil bernama Selandir merupakan satu-satunya mobil ciptaan siswa PE SMKN 1 Lingsar, Lombok Barat, NTB, untuk mengikuti Shell Eco-Marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2024 – mobil hemat energi kompetisi. 

Shell Eco-Marathon yang diikuti lebih dari 80 tim dari 12 negara digelar di Sirkuit Mandalika pada 2-6 Juli 2024. 

“Eco-Team Selandir adalah nama tim kami di SMKN 1 Lingsar. Selandir sendiri berasal dari cerita wayang Lombok. Selandir ingin menang, tegas dan selalu ingin menang. Itulah inspirasi teman-teman memberi nama Eco Team. Selandir”, kata guru Hangga Eva Harisaputra. SMK Negeri 1 Lingar ditemui di Sirkuit Mandalika pada Rabu (03/07/2024). 

Tim Eco Selandia terdiri dari 16 orang. Mereka mengendarai kendaraan prototipe dengan menggunakan baterai listrik. 

Baca Juga: PO Bagong Bus Baru Bocor Pakai Body Discovery SR3

“Kalau melihat kendaraan negara lain, dari segi bodywork kita lebih bagus. Lebih aerodinamis karena mengutamakan desain,” kata Hanga. 

Hangga menjelaskan, keunggulan mobil Selandir ada pada bodinya, dimana angin tidak menerpa bodi sehingga mengurangi kecepatan dan justru bisa menambah kecepatan. 

Kecepatan maksimum Zelandir bisa mencapai 40 km/jam. 

“Ini pertama kalinya satu-satunya tim dari Pendidikan Vokasi mengikuti Shell Eco-Marathon”, kata Hanga. 

Baca Juga: Simak Desain Honda CRF250L yang Tangguh dan Kompak

Persiapan kompetisi ini memakan waktu sekitar 4 bulan sejak dimulainya pendaftaran. 

“Saya lebih yakin sudah banyak orang yang mengembangkan mobil listrik, makanya Shell Eco-Marathon mengumumkan kategori prototipe baterai listrik, bagaimana mobil bisa menggunakan lebih sedikit baterai namun mendapatkan hasil lebih tanpa limbah,” kata Hanga. 

Sementara itu, Alvito Pataya, siswa kelas 3 SMK Negeri 1 Lingar yang tergabung dalam Selandir Eco Team, mengatakan sejauh ini tidak ada kesulitan berarti dalam perakitan atau pembuatan mobil Selandir. 

“Belum pernah, ini pertama kalinya,” kata Alvito. 

Alvito bangga bisa mengikuti ajang internasional dan bersaing dengan 12 negara di Shell Eco-Marathon. 

“Sulit tapi kami yakin bisa menjuarai ajang internasional ini,” kata Alvito.  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top