Cegah Mpox di Indonesia, Kemenkes Berlakukan SatuSehat Health Pass

virprom.com – Indonesia mencatat 88 kasus cacar monyet atau Mpox sejak tahun 2022 hingga saat ini, namun seluruh pasien tersebut sudah sembuh.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan India Budi Gunadi Sadikin juga meminta masyarakat tidak terlalu khawatir karena penyakit monyet ini tergolong ringan dan bisa diobati.

Meski demikian, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI masih berupaya keras untuk menyebarkan Mpox di Indonesia, salah satunya dengan penerapan SatuSehat Health Pass.

Baca juga: 88 Kasus Mpox di Indonesia, Menkes: Jangan Khawatir, Bisa Diobati.

Pemeriksaan kesehatan akan diberlakukan di pintu masuk untuk mencegah kemungkinan penularan mpox, terutama selama Indonesia Africa Forum (IAF) dan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Cooperation (HLF-MSP) di Bali.

“Di gerbang masuk bandara Soetta dan Ngurah Rai, kami akan melakukan screening atau penyaringan bertingkat dengan memeriksa informasi kesehatan penumpang atau SATUSEHAT Health Pass,” kata Direktur Pengawasan Kesehatan dan Karantina Kementerian Kesehatan India. Achmad Farchanny Tri Adryanto, dalam jumpa pers online, Kamis (29/8/2024).

Formulir medis SATUSEHAT di website harus diisi oleh semua penumpang di bandara keberangkatan.

Setibanya di Indonesia, wisatawan akan diperiksa gejalanya melalui pemindaian termal dan inspeksi visual untuk mengetahui gejala dan gejala lainnya.

Saat ini, untuk kasus suspek yang terdeteksi di bandara, Kementerian Kesehatan melakukan Rapid Molecular Test (TCM) melalui laboratorium mini yang telah didirikan. Tim medis yang menangani keadaan darurat dan wabah juga siap sedia.

Kemudian menangani laporan keadaan darurat kesehatan dan wabah penyakit menular lainnya, tambahnya.

Baca juga: Apa yang ditawarkan Mpox? Berikut penjelasannya…

Kementerian Kesehatan juga menyediakan laboratorium mini dan mini ICU di lokasi IAF dan HLF-MSP yang dapat melakukan Rapid Molecular Testing (TCM).

Selain itu, Farchanny mengatakan mpox telah meningkat secara signifikan di negara-negara Afrika di kawasan tersebut, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Saat ini terdapat dua jenis Mpox, yaitu Clade 1 yang menyebar di negara-negara perbatasan Afrika dengan gejala yang lebih parah, dan Clade 2 di negara-negara Asia, termasuk Indonesia dan negara lain di luar kawasan Afrika, yang gejalanya lebih sederhana.

Namun banyak ahli yang meyakini monyet tidak akan menjadi penyakit seperti Covid-19.

Untuk itu, masyarakat dapat melakukan pencegahan dengan menjaga kesehatan dan kebersihan, membatasi kontak fisik dan seksual dengan orang yang pernah atau diduga mengidap Mpox, serta menghindari hubungan seksual yang berisiko, seperti berganti-ganti pasangan dan hubungan seksual. Dengarkan berita terkini dengan koleksi berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk berlangganan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top