Mengapa Israel Menyerang Kota Isfahan di Iran?

Jumat dini hari (19/4/2024), Israel melancarkan serangan ke Iran. Amerika Serikat (AS) menyebut serangan itu tampaknya merupakan pembalasan atas serangan Iran pada 13 April terhadap Israel.

Israel belum mengkonfirmasi keterlibatannya dalam serangan itu. Namun, Amerika Serikat mengonfirmasi kepada CBS News bahwa benar rudal Israel telah menghantam Iran hari itu.

BBC Verify juga telah mengkonfirmasi kejadian tersebut. Setelah menganalisis dua citra satelit, BBC Verify menemukan adanya kerusakan.

Bertentangan dengan laporan AS dan BBC, Iran tampaknya meremehkan serangan tersebut. Beberapa pihak Iran, seperti pejabat dan jurnalis, telah mengkonfirmasi rencana tersebut. Namun, hal tersebut hanya dilaporkan sebagai upaya serangan drone kecil dan bukan serangan rudal seperti yang diklaim AS.

Baca juga: Temui Isfahan, Kota Tertua Israel Invasi Iran

Beberapa pihak Iran mengatakan drone kecil tersebut berhasil ditembak jatuh oleh rudal Iran sebelum menimbulkan kerusakan.

Juru bicara Pusat Ruang Siber Nasional Iran, Hossein Dalirian, mengatakan bahwa Israel “hanya melakukan upaya yang gagal dan memalukan untuk menerbangkan quadcopter (drone)”.

Badan Energi Atom Internasional, pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), juga menegaskan bahwa serangan Israel pada hari Jumat tidak menimbulkan kerusakan berarti.

“IAEA sedang memantau situasi,” kata Direktur Jenderal Rafael Mariano Grossi.

Analis dan komentator televisi Israel berpendapat bahwa kedua belah pihak tampaknya berusaha menghindari eskalasi. “Tampaknya kedua belah pihak perlu terlihat melakukan sesuatu tanpa mengambil risiko apa pun,” kata Charles Miller, pakar keamanan di Australian National University.

Pada akhirnya, sulit untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah dalam kasus-kasus ini, karena pemerintah Iran secara ketat mengontrol akses terhadap informasi orang dalam. Namun ada satu hal yang dikonfirmasi oleh AS dan Iran: apa yang terjadi di kota Isfahan.

Temukan kota Isfahan

Kota Isfahan adalah ibu kota provinsi Isfahan. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Iran. Isfahan terletak di utara Sungai Zayandeh, sekitar 340 kilometer selatan Teheran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top