Banjir Rendam 3 Desa Dekat IKN di Penajam Paser Utara

JAKARTA, virprom.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan tiga desa di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terdampak banjir sejak Selasa (25/6/2024).

Kepala Pusat Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, banjir terjadi di wilayah Penajam Paser Utara akibat hujan deras sejak Senin (24/6/2024) hingga Selasa (25/6/2024). di pagi hari.

Akibatnya air sungai atau drainase meluap dan menyebabkan naiknya permukaan air di dataran rendah dan bantaran sungai dekat pemukiman warga, kata Abdul dalam keterangannya, Rabu (26/6/2024).

Baca juga: Banjir di Sepaku Cepat Reda, Pembangunan IKN Tak Terganggu

Menurut Abdul, tiga desa yang terendam banjir adalah Karang Jinawi, Suka Raja, dan Bukit Raya. Lokasinya dekat dengan kawasan Ibu Kota Kepulauan (IKN).

Informasi yang diperoleh BNPB, sebanyak 1.216 orang mengalami luka-luka dan 316 bangunan tempat tinggal terendam air setinggi 150 sentimeter.

“Meski kerugian finansial cukup besar, namun belum ada informasi mengenai korban jiwa dalam kejadian ini. Saat ini, ketinggian air di wilayah terdampak sudah mulai berkurang. “Tidak akan ada genangan air yang mengancam keselamatan masyarakat,” kata Abdul.

Saat ini BNPB telah membentuk posko bersama dengan pemerintah daerah untuk mengkoordinasikan dan memantau seluruh kebutuhan warga terdampak, kata Abdul.

“Prioritas utama adalah memenuhi kebutuhan pokok korban banjir, termasuk penyediaan makan siang. Sedangkan kebutuhan air minum dipenuhi oleh tim Kementerian PUPR, kata Abdul.

“Kementerian Kesehatan melakukan kunjungan langsung ke warga untuk memastikan status kesehatan masyarakat terdampak,” ujarnya.

Baca juga: Banjir dan Longsor Melanda Nias Barat, 4.000 Warga Terdampak

Abdul menambahkan, banjir yang terjadi pada Selasa (26/6/2024) tidak berdampak langsung terhadap proses pembangunan kawasan IKN.

“Tidak ada dampak langsung karena lokasi banjir berada di perumahan masyarakat dan bukan di zona pengembangan kawasan pusat pemerintahan yang sedang dibangun,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top