Nih Asal Muasal Istilah Truk Molen

virprom.com – Truck mixer merupakan alat pengangkut beton cair dengan pipa berbentuk oval di bagian belakang.

Rotasi tabung gerobak membantu menjaga beton tetap pada tempatnya dan tidak mengeras selama perjalanan menuju lokasi penuangan.

Peran truk mol adalah untuk mengangkut beton siap pakai dari pabrik pencampuran ke area pengecoran.

Kalau soal truk mol, Anda pasti bertanya-tanya asal usul istilah tersebut.

Namun setidaknya pertanyaan tersebut terjawab pada Jumat (19/04/2024) di akun Instagram resmi Departemen PUPR.

Baca juga: Mengapa Benda Berat Berwarna Kuning? Inilah jawabannya

Kata mol berasal dari bahasa Belanda molen. Kata molen mempunyai padanan dalam bahasa Inggris yaitu mill yang artinya gilingan atau gilingan.

Karena penyerapan, penggilingan dan pengocokan diterjemahkan sama dalam bahasa Indonesia. Terakhir, kata molen digunakan untuk kedua fungsi tersebut.

Karena truk jenis ini mempunyai pipa yang berputar terus menerus untuk memindahkan semen, maka truk ini dikenal dengan sebutan truk mol semen dalam bahasa Belanda atau truk mol dalam bahasa Indonesia.

Sebaliknya, kata molen berkaitan dengan pisang mol.

Pisang Molen menggunakan penggiling untuk membuat campuran tepung menjadi lebih halus. Alat putar ini biasanya digunakan untuk membuat mie.

Nah, proses konversinya, mirip dengan proses penggilingan, mengingatkan kita pada proses pencampuran beton di mesin penggilingan. Apalagi bentuknya sama, lonjong dan mengerucut dalam dua arah. Dengarkan berita terbaik dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk masuk ke saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top