Kapan Suzuki Meluncurkan Mobil Strong Hybrid?

TANGERANG, virprom.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memang meluncurkan teknologi hybrid pada Ertiga Hybrid dan XL7 Hybrid. Namun kedua kendaraan ini tidak masuk dalam kategori Strong Hybrid, melainkan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) atau Mild Hybrid.

SHVS adalah sistem hybrid ringan yang menggabungkan mesin pembakaran internal dengan generator starter terintegrasi dan baterai lithium-ion.

Teknologi ini dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar dan meminimalkan penggunaannya saat tidak diperlukan.

Baca Juga: Suzuki Frontx Siap Meluncur di Jepang Agustus 2024

Kombinasi ini dikatakan memberikan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan mesin ICE dan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

Namun mobil Strong Hybrid dari Suzuki tak kunjung muncul. Meski di India, Suzuki mengembangkan Swift baru yang ditenagai mesin tiga silinder 1.200cc dengan kode nama Z12E.

Disinggung mengenai rencana Suzuki menghadirkan kendaraan hybrid ringan, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Doni Ismi Himawan Saputra mengatakan, teknologi Mild Hybrid tentunya akan menjadi langkah awal perusahaan menuju teknologi yang lebih canggih.

Baca Juga: Akok Tes BYD M6 dan Bilang Interior Sempit

“Ini adalah langkah pertama kami ke sana. “Nah, dari awal kami akan mengambil langkah selanjutnya, termasuk bagaimana kami akan memperkenalkan BEV untuk Suzuki,” kata Dhoni di Tangerang (17 Juli 2024).

“Apakah akan ada hybrid yang kuat dan sebagainya, tentu itu strategi perusahaan kami yang belum diumumkan. “Tetapi dengan diperkenalkannya konsep BEV, kami secara umum menunjukkan komitmen kami dalam membuat kendaraan ramah lingkungan Suzuki,” katanya.

Perpaduan mesin konvensional dan motor listrik disebut-sebut menjadikan Swift sebagai mobil paling hemat bahan bakar di India. Berdasarkan uji ARAI, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 35-40 kpl.

Sebagai perbandingan, Swift yang saat ini dijual dengan mesin bensin, mengkonsumsi antara 22,56 hingga 24,1 kpl.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top