Jokowi Targetkan IKN Jadi Kota dengan Kualitas Udara Terbaik lewat Kendaraan Listrik

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengatakan indeks kualitas udara di ibu kota kepulauan (IKN), Kalimantan Timur, bisa mencapai 0 jika wilayah tersebut sepenuhnya menggunakan kendaraan listrik.

Presiden juga mengatakan di IKN, indeks kualitas udara pada Senin (8/12/2024) berada di angka 6, meski BBM masih berfungsi.

“Kedepannya akan menjadi tren penggunaan green energy, bahkan di sini sampai sekarang 100 persen sudah menggunakan green energy, 100 persen, kemudian kalau ini dimulai, akan diumumkan mulai, semua mobil juga harus mobil listrik. ,” kata Jokowi saat memberi pengarahan kepada seluruh pemimpin negara Indonesia di Istana Pemerintahan IKN, Kalimantan Timur, demikian tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (13/8/2024).

“Kemarin pagi saya cek indeks kualitas udara di Ibu Kota Kepulauan itu 6, cuma 6. Kalaupun mobilnya bukan listrik. Kalau mobil listrik, bisa saja 0,” kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Minta Menteri PUPR Bangun Ratusan Cadangan di IKN

Kepala Pemerintahan juga membandingkan angka indeks kualitas udara Singapura yang berjumlah 53, sedangkan batas atas indeks kualitas udara dan kesehatan baik hanya 50.

“Tetapi kota-kota terbesar di Pulau Jawa semuanya di atas 100. Ini yang juga menjadi perhatian para pengelola, wali kota, gubernur. Untuk mengelolanya juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Baca juga: Jokowi Sebut Ada 472 Investor Minat Investasi di IKN, 220 di antaranya Serius

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan kendaraan berbahan bakar bensin (BBM) akan dilarang di Ibu Kota Negara (IKN). Sebaliknya, seluruh kendaraan yang dioperasikan IKN menggunakan tenaga listrik.

Sekadar informasi saja, misalnya angkutan umum akan menggunakan semua kendaraan listrik, seperti kereta ART yang ada saat ini yang bersifat self-driving dan kereta berkecepatan tinggi yang akan kita gunakan di masa depan, yang semuanya akan bertenaga listrik. kata Jokowi saat meresmikan batu pertama IKN Swiss-BelHotel, Kalimantan Timur, seperti dilansir YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/8/2024).

“Pembakaran mobil dan bensin dilarang di ibu kota kepulauan, karena gagasannya lagi-lagi gagasan kota hijau,” kata Jokowi. Dengarkan berita dan pilih berita langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top