Berapa Lama Efek Asam Urat Akan Hilang? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Serangan asam urat menyebabkan nyeri, bengkak, dan rasa tidak nyaman pada persendian. Lalu berapa lama efek asam uratnya hilang?

Dengan pengobatan yang tepat, serangan asam urat biasanya berlangsung selama tiga hari. Namun jika asam urat tidak diobati maka akan memakan waktu 1-2 minggu.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai berapa lama efek asam urat bertahan dan cara mengobatinya, baca ulasan ini.

Baca juga: Mengapa Asam Urat Lebih Banyak Terjadi pada Orang Lanjut Usia? Berikut kami jelaskan… Berapa lama efek asam urat bisa hilang?

Menurut Mayo Clinic, serangan asam urat biasanya terjadi pada jempol kaki, namun bisa juga menyerang area sendi lainnya, seperti pergelangan kaki, lutut, paha, dan jari kaki.

Gejala asam urat dimulai dengan nyeri sendi yang parah atau berkembang dalam waktu 12 hingga 24 jam.

Tanda-tanda serangan asam urat lainnya antara lain pembengkakan pada persendian, kemerahan pada kulit di sekitar persendian, dan rasa hangat saat menyentuh persendian.

Jika kondisi ini tidak ditangani, dapat menyebabkan sendi menjadi sulit digerakkan. Akibatnya, penderita asam urat tidak mampu melakukan aktivitas normal.

Gejala asam urat biasanya hilang dalam waktu 24 jam setelah serangan asam urat.

Namun, efek asam urat bisa hilang dalam waktu tiga hari dengan perawatan rumahan dan pengobatan berupa obat penurun asam urat dan obat pereda nyeri.

Jika dibiarkan, efek asam urat bisa bertahan hingga 1 hingga 2 minggu, dan pasien terus mengalami nyeri dan bengkak pada persendiannya.

Baca juga: Apakah Nanas Baik untuk Penderita Asam Urat? Berikut kami jelaskan…

Apa pengobatan asam urat?

Pasien dapat mencoba pengobatan alami dan rumahan atau mengonsumsi obat untuk meringankan efek asam urat.

Perawatan alami untuk asam urat termasuk meningkatkan asupan cairan untuk mengurangi pembengkakan dan mendorong ekskresi asam urat melalui urin.

Penderita asam urat juga dapat menggunakan es yang dilapisi handuk untuk memberikan tekanan pada persendian yang nyeri. Cara ini efektif mengurangi nyeri dan peradangan sendi.

Ada beberapa jenis obat asam urat yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri pada penderita, antara lain ibuprofen dan paracetamol.

Menurut kutipan dari Medical News Today, pasien juga dapat mengonsumsi obat Zyloric untuk menurunkan kadar asam urat sekaligus mengobati nyeri.

Beberapa obat, seperti allopurinol, bertujuan untuk memecah dan melarutkan asam urat pada persendian. Namun, obat ini sebaiknya digunakan sesuai anjuran dan dosis dokter Anda.

Untuk mempercepat penyembuhan asam urat, sebaiknya penderita menghindari makanan tinggi purin, seperti jeroan dan jeroan, makanan tinggi gula, minuman beralkohol, dan beberapa jenis makanan laut (seperti ikan teri, tuna, bonito, dan makarel).

Baca juga: Bagaimana cara mengobati asam urat dengan jahe? Begini uraiannya… Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com di https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top