Tiap Tahun Hanya Ada 15-20 Lulusan Dokter Bedah Anak

virprom.com – Kekurangan dokter bedah di Indonesia juga merambah ke bidang bedah anak. Hanya 15 hingga 20 lulusan yang menyelesaikan pelatihan ahli bedah anak setiap tahunnya. Pemerintah telah mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan jumlah dokter spesialis.

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof.Dr. Dante Saksono Harbuwono, SP PD, mengatakan proporsi dokter pada penduduk Indonesia sangat rendah.

“Jumlah dokter spesialis bedah anak di Indonesia berjumlah 180 orang, untuk penduduk Indonesia yang berjumlah 230 juta jiwa, rasionya 1 berbanding 180.000. Masih terlalu sedikit. Kita harus melakukan sesuatu untuk memastikan jumlah dokter bedah anak dan masyarakat mencukupi. “Jadi kita bangun rumah sakit – turunkan kualitasnya tanpa sekolah yang sehat,” ujarnya dalam konferensi pers Persatuan Bedah Anak Indonesia (PERBANI) di Jakarta (27/8/2024).

Pemerintah saat ini telah memperluas program pelatihan medis di rumah sakit yang didanai oleh Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Penerima Program Pelatihan Residensi Dapat Gaji Rs 75 Lakh!

Dr. Kurniawan Oki, SPBA, Sekretaris Jenderal PERBANI, menjelaskan sebaran dokter bedah anak di seluruh Indonesia. Saat ini terdapat seorang dokter anak yang bekerja di provinsi Papua.

“Tujuannya adalah menambah jumlah dokter spesialis bedah anak baru menjadi sekitar 20 hingga 30 orang per tahun untuk menjangkau lebih banyak anak di berbagai wilayah Indonesia yang membutuhkan layanan bedah,” ujarnya di acara yang sama.

Setiap anak di Indonesia berhak mengakses layanan bedah yang berkualitas, kata Dante. Oleh karena itu, dokter bedah anak diharapkan bersedia ditunjuk di berbagai wilayah di Indonesia.

“Perbani berusia 49 tahun, kita belum tahu berapa banyak anak yang diselamatkan oleh dokter bedah anak Indonesia. Jadi itu luar biasa. Semuanya terjadi dengan tenang, tanpa banyak kebisingan, mereka bekerja,” ujarnya.

Ketua Perbani Dr. Darmajay, SPBA, Subsp. D.A.(K) memaparkan kiprah PERBANI sebagai organisasi profesi dokter bedah anak yang telah berdiri sejak 21 Oktober 1975.

Perbani juga berencana menetapkan bulan Oktober sebagai Bulan Bedah Anak dan tanggal 27 Oktober 2024 sebagai Hari Bedah Anak Nasional.

Baca juga: Perlunya Akses Cepat ke Dokter Spesialis

Bulan Bedah Anak Nasional Tahun 2024 akan diisi dengan serangkaian kegiatan seperti seminar, pelatihan, operasi gratis dan bakti sosial untuk meningkatkan kualitas hidup anak Indonesia, yang berpuncak pada Pertemuan Tahunan Perbani di kawasan Kota Baru Parahyangan barat. . Bandung.

Kegiatan ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam sejarah pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Dengarkan pilihan berita terkini dan berita utama kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top