Megawati Persoalkan Slogan Indonesia Maju, Grace Natalie Bela Jokowi

JAKARTA, virprom.com – Staf Khusus Presiden Grace Natali buka suara menanggapi mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri yang mempertanyakan makna slogan “Indonesia Progresif” di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Berbicara dalam Konferensi Perburuhan Nasional Partai Perindo, Selasa (30/7/2024), Megawati mengatakan, Sukarno, presiden pertama RI, ingin mewujudkan Indonesia Raya, bukan “Indonesia Progresif”. begitu pula slogan yang digunakan Jokowi.

Grace kemudian mengatakan, semboyan “Indonesia Raya” yang diinginkan Megawati merupakan tafsir pribadinya, karena menurutnya Bung Karno hanya berbicara tentang “jembatan emas”.

“Kalau kita lihat penjelasan Bu Mega, Bung Karno hanya berbicara tentang “jembatan emas”. Ungkapan ‘Indonesia Raya’ sepertinya berasal dari komentar Bu Mega, kata Grace kepada wartawan, Rabu (31/07/2024).

Baca juga: Tanya ke Jokowi, Megawatt. Mengapa Indonesia Maju? Mbok Ya, Indonesia lebih besar

Grace juga berpendapat pemerintah terus berupaya membangun jembatan emas menuju “Indonesia Progresif”.

Apalagi menurutnya, makna “Indonesia Raya” yang berarti Indonesia Besar merupakan sebuah fakta yang tidak perlu diperbincangkan.

“Sesuai dengan Bung Karno, saat ini kami sedang melanjutkan pembangunan jembatan emas. Dimana tujuannya? Ya, di Indonesia yang progresif,” kata Grace.

Diberitakan sebelumnya, Megawati mengaku sempat bertanya kepada Jokowi soal slogan “Indonesia Maju” yang diusung pemerintahan Jokowi-Maurf Amin.

Baca juga: Megawatt. Tidak ada kekuatan yang bertahan selamanya, itu saja…

Ia juga menyebut bangsa Indonesia tidak konsisten karena Bung Karno menggunakan ungkapan Indonesia Raya.

“Kami tampaknya, menurut saya, tidak konsisten. Saya sampaikan kepada Pak Jokowi kenapa Indonesia maju pak, ini Indonesia Raya, ini yang diharapkan oleh para pendiri kita,” kata Megawati, Selasa.

Megawati kemudian mencontohkan apa yang diharapkan oleh penghasut kemerdekaan Indonesia yang juga ayahnya, Sukarno, terhadap Indonesia Raya.

Sukarno, kata Megawati, pernah bercerita bahwa Indonesia saat itu sedang membangun jembatan emas.

“Bung Karno selalu bilang, waktu itu saya masih SD. Kita harus ingat, ketika kita merdeka, tujuannya menuju ke sana, yang kita bangun adalah jembatan emasnya,” kata Megawati. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top