Apakah Daun Pepaya Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?

virprom.com – Daun pepaya sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Lantas, apakah pepaya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi?

Ternyata, daun pepaya terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain menurunkan tekanan darah tinggi, daun pepaya juga memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi gejala demam berdarah, menyeimbangkan kadar gula darah, dan meningkatkan fungsi lambung.

Untuk lebih jelasnya, simak dibawah ini manfaat daun pepaya untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan manfaat kesehatan lainnya.

Baca Juga: Penyakit Apa Saja yang Bisa Diobati Daun Pepaya? Ini item ke 7… Apakah daun pepaya bisa membantu menurunkan darah tinggi?

Ternyata daun pepaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga menjaga kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Young Pharmacists tahun 2020, konsumsi daun pepaya pada hewan uji mungkin memberikan efek positif dalam menurunkan tekanan darah.

Pasalnya daun pepaya mengandung bahan alami seperti saponin, polifenol, dan antioksidan.

Kandungan dalam daun pepaya terbukti dapat menyeimbangkan tekanan darah sistolik dan diastolik serta mengurangi kekakuan pembuluh darah sehingga dapat menguatkan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian serupa juga telah dilakukan pada banyak wanita penderita diabetes.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of International Conference on Translational Medicine and Science Health Sciences tahun 2017, konsumsi daun pepaya dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik pada ibu dengan pradiabetes.

Kandungan serat pada daun pepaya dipercaya dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan penyerapan mineral seperti magnesium dan kalium sehingga menurunkan tekanan darah.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui dosis dan durasi penggunaan daun pepaya untuk mengatasi hipertensi.

Baca selengkapnya: Apakah daun pepaya memiliki efek samping? Berikut penjelasannya… manfaat daun pepaya untuk kesehatan

Selain menurunkan tekanan darah tinggi, daun pepaya juga baik untuk kesehatan tubuh.

Laporan Healthline menemukan bahwa daun pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi gejala demam berdarah dan meningkatkan kadar sel darah, melindungi sel penghasil insulin di kelenjar getah bening, menyeimbangkan gula darah di lambung, dan mengurangi gejala sistem pencernaan. sistem. Seperti mengatasi bengkak dan sakit kepala atau sakit kepala, mengurangi peradangan, mengobati ruam, nyeri otot dan sendi, mengurangi efek radikal bebas, menutrisi rambut dan menyehatkan kulit kepala, membantu mengangkat sel kulit mati, rambut tumbuh ke dalam dan jerawat. Jika digunakan sebagai eksfolian kulit, akan membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat dan kanker payudara.

Pahami apakah daun pepaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebelum mencoba mengonsumsinya secara rutin.

Meski secara umum aman, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah daun pepaya aman dikonsumsi sehari-hari, terutama jika Anda memiliki riwayat kesehatan khusus atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Pasalnya, kandungan daun pepaya bisa mempengaruhi pengobatan atau pengobatan yang dilakukan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top