YouTube Rilis Fitur Courses, Youtuber Bisa Dapat Cuan dari Konten Edukasi

virprom.com – Platform streaming video Google, YouTube, baru-baru ini merilis fitur “Kursus”.

Fitur ini memungkinkan para kreator atau YouTuber untuk membuat konten edukasi seperti kursus bahasa Inggris, cara memulai bisnis, manajemen waktu, sains, dan lainnya. Materi ini dapat disajikan dalam beberapa bagian yang diisi dengan pertanyaan dan pembahasan.

Kursus ini dapat diberikan secara gratis atau berbayar. Menurut Halaman Bantuan YouTube, konten kursus berbayar bersifat non-komersial. Sedangkan konten kursus gratis mungkin masih menampilkan iklan.

Oleh karena itu, fitur kursus juga menjadi cara tambahan bagi kreator untuk memonetisasi konten dan keterampilannya.

Baca juga: Hari Dirilis, Channel YouTube Cristiano Ronaldo langsung mendapat tombol putar emas

Fitur ini pertama kali diumumkan pada tahun 2022 dan telah diuji pada sejumlah pengembang terbatas. Setelah dua tahun terakhir, artikel ini dirilis ke lebih banyak pembuat konten.

Pengembang dapat memeriksa ketersediaan fitur kursus ini melalui YouTube Studio di PC. Opsi “Kursus Baru” akan tersedia di menu “Buat”.

Semua konten pendidikan yang dibuat dengan pelatihan akan ditampilkan di berbagai lokasi di YouTube. Mulai dari Beranda (Beranda) Lihat Berikutnya (Lihat Berikutnya) Hasil pencarian Daftar kreator yang berpartisipasi.

Kursus juga akan ditampilkan pada tab khusus di halaman YouTube (di bawah tab Floating) dan juga dapat ditampilkan di halaman utama kursus YouTube, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidAuthority, Kamis (29/8/2024). Berdasarkan pengamatan kami, fitur-fitur kursus ini belum muncul di YouTube di Indonesia.

Baca juga: Fungsi YouTube Baru untuk Penonton Tidur

Sesampai di sana, pemirsa akan dapat melihat konten pendidikan dari pembuatnya. Mereka akan melihat rincian durasi kursus dan informasi tentang jumlah kursus yang telah mereka selesaikan di halaman pemutaran.

Ketika Anda selesai menonton semua video dalam kursus, mereka akan menerima lencana khusus yang akan muncul di tab “Anda”. Dengarkan berita terkini dan informasi pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top