Makan Apa Agar Gula Darah Cepat Turun? Berikut 5 Daftarnya…

virprom.com – Mengontrol asupan makanan merupakan salah satu cara menurunkan gula darah yang perlu dilakukan. Lalu apa yang Anda makan untuk menurunkan kadar gula darah dengan cepat?

Beberapa makanan yang dapat menurunkan gula darah dan dapat dikonsumsi antara lain biji-bijian, brokoli, wortel, tomat, kacang-kacangan, salmon, dan susu rendah lemak.

Selain mengonsumsi beberapa makanan tersebut, Anda yang memiliki kadar gula darah tinggi disarankan untuk menghindari makanan olahan seperti nasi putih dan roti putih, serta makanan tinggi garam dan gula.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa makanan untuk penderita gula darah tinggi berikut ini.

Baca juga: 13 Minuman dan Makanan Penyebab Kadar Gula Darah Tinggi Yang Harus Anda Hindari. Apa yang harus Anda makan untuk membantu kadar gula darah Anda turun dengan cepat?

Beberapa makanan mampu menurunkan kadar gula darah lebih efektif dibandingkan makanan lain, termasuk sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

Dikutip dari WebMD dan MedicineNet, berikut beberapa makanan penurun gula darah yang bisa Anda konsumsi. Sayuran

Banyak jenis sayuran tidak bertepung yang kaya serat sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah, seperti: Sayuran segar seperti brokoli, wortel, tomat, yang dapat dimakan mentah, dimasak, atau dipanggang. Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam. Sayuran kalengan mengandung sedikit garam

Anda bisa memilih beragam sayuran untuk menurunkan kadar gula darah dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Baca Juga: Berapa Gula Darah Normal pada Wanita? Berikut penjelasannya: buah

Buah-buahan umumnya tidak mengandung lemak dan garam sehingga baik untuk penderita gula darah tinggi. Beberapa buah-buahan yang dapat dikonsumsi adalah: Buah-buahan segar seperti apel, jeruk, pisang, melon dan berry. Buah kalengan yang tidak mengandung pemanis tambahan apa pun. Selai atau jeli buah yang mengandung sedikit atau tanpa pemanis tambahan

Kandungan serat pada buah-buahan mampu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Namun buah-buahan juga mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga konsumsi sehari-hari sebaiknya dibatasi.

Baca juga: Berapa Kadar Gula Darah Normal Pria? Berikut penjelasannya: protein

Banyak jenis makanan mengandung protein yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi gula darah tinggi, seperti: Protein nabati seperti kacang-kacangan, tahu, dan biji-bijian Ikan dan makanan laut seperti salmon, mackerel, tuna, dan sarden Telur ayam atau telur unggas lainnya

Daging umumnya aman dikonsumsi jika tidak mengandung banyak garam.

Selain itu, disarankan untuk menghindari konsumsi kulit dagingnya karena memiliki kandungan lemak yang tinggi. susu rendah lemak atau bebas lemak

Jika kadar gula darah Anda terlalu tinggi, Anda bisa meminum berbagai jenis susu rendah lemak atau bebas lemak, misalnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top