ARM Dikabarkan Bikin GPU untuk Saingi Nvidia

virprom.com – Produsen chip asal Inggris yang produknya banyak digunakan di berbagai SoC mulai dari Qualcomm hingga milik Apple, ARM, dikabarkan sedang mengembangkan unit pemrosesan grafis (GPU) baru.

ARM sebenarnya memiliki desain GPU seperti seri Mali dan Immortalis, namun kerjanya terbatas pada perangkat seluler dan aplikasi yang dirancang untuk perangkat seluler.

Hal ini berbeda dengan kandidat GPU baru ARM yang disebut diskrit (berdiri sendiri, terpisah dari SoC) dan cukup bertenaga untuk bersaing dengan produk GPU besutan pembuat perangkat keras komputer seperti Nvidia.

Baca Juga: ARM Bangga Akan Ambil Separuh Pasar PC Windows

Sebuah laporan dari Israel menyebutkan bahwa ARM telah mengembangkan GPU baru dengan mengirimkan tim yang terdiri dari 100 desainer ke pusat pengembangan produk negara tersebut.

Kandidat GPU baru ARM dikatakan dirancang untuk menangani grafik 3D dalam game seperti GPU desktop tradisional seperti server GeForce Nvidia.

Seperti dilansir KompasTekno dari Videocardz, Senin (19/8/2024), ARM belum pernah menggarap GPU kelas atas yang terdapat di sektor PC.

Tapi, dengan Snapdragon

Sebagian besar – jika tidak semua – GPU PC saat ini dirancang dan hanya dapat berjalan pada platform Windows dengan prosesor X86/x86-64 dari Intel dan AMD.

GPU ARM Mali dan Immortalis mendukung fitur grafis canggih seperti ray tracing, mirip dengan yang ditemukan pada GPU desktop, namun performanya masih sangat rendah.

Baca Juga: Snapdragon X Plus, Chip ARM 10-Core untuk Laptop Windows

Kemungkinan lainnya adalah kandidat GPU baru ARM tidak dirancang untuk pemrosesan gambar 3D, melainkan untuk pemrosesan AI. Pasar GPU untuk AI dipimpin oleh Nvidia, namun masih ada pabrikan lain yang ingin memasuki bidang yang sama.

Seperti halnya GPU khusus, ARM juga tidak memiliki rekam jejak dalam mengembangkan GPU untuk AI. Informasi mengenai pengembangan GPU baru oleh Arm masih menyisakan banyak petunjuk, seperti jenisnya (diskrit atau terintegrasi) dan kapan akan tersedia.

ARM biasanya tidak membuat prosesor sendiri, tetapi suka menggunakan prosesor desain dari Qualcomm dan Apple. Ada kemungkinan model lisensi ini juga akan digunakan untuk kandidat GPU baru ARM. Dengarkan berita terbaru dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top