Momok Timnas Indonesia Jelang Laga Kontra Arab Saudi

virprom.com – Persiapan singkat mengancam timnas Indonesia jelang laga melawan Arab Saudi yang menjadi laga pertama Garuda di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis (5/9/) 2024) .

Timnas Indonesia dijadwalkan berkumpul di Jakarta pada Sabtu 31 Agustus 2024, beberapa hari setelah putaran ketiga Liga 1 2024-2025 selesai pada Selasa (27/8/2024).

Tim Garuda selanjutnya akan menempuh penerbangan 9 jam 50 menit menuju Jeddah, ibu kota Arab Saudi pada Minggu (1/9/2024).

Jakarta dan Jeddah mempunyai perbedaan waktu empat jam (sedangkan Jakarta lebih maju) sehingga pemain harus menyesuaikan dengan waktu setempat juga.

Laga melawan Arab Saudi sendiri akan berlangsung pada Kamis (5/9/2024).

Baca juga: Pesan Mantan Pemain Timnas Jepang Soal Program Nasionalisasi PSSI

Hal ini menjadi tantangan mengingat skuad Garuda saat ini terdiri dari pemain ekspatriat dari berbagai liga Eropa.

Di sisi lain, tim Arab Saudi diperkuat oleh pemain-pemain yang bermain di liga lokal.

Tantangan terbesarnya adalah persiapannya yang sangat singkat, kata Shin Tae-yong seperti dilansir BolaSport.com, Jumat (23/8/2024).

“Tidak ada pemain asing di Arab Saudi, jadi mereka bisa berkumpul kapan saja, berlatih, dan beradaptasi terlebih dahulu dengan permasalahan waktu dan cuaca,” kata Shin Tae-yong.

Tapi dibandingkan mereka, kita harus datang dari luar negeri, dan kita juga harus keluar dari Indonesia, kata Shin.

“Jadi, masalah adaptasi waktu dan pesawat, cuaca menjadi tantangan besar bagi kami,” ujarnya. Turnamen bulan Oktober lalu merupakan turnamen berat bagi timnas Indonesia

Tantangan menghadapi Arab Saudi tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan rangkaian laga pada jeda internasional Oktober dimana pasukan STY akan menghadapi dua laga tandang berturut-turut, Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober.

Perjalanan dari Jakarta ke Riffa (Bahrain) akan memakan waktu lebih dari 10 jam, sedangkan perjalanan dari Riffa ke Qingdao, sebuah kota di China, akan memakan waktu lebih dari 13 jam.

General Manager PSSI, Erick Thohir, pun mengungkapkan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat para pemain merasa senyaman mungkin selama perjalanan udara yang bisa memakan waktu hingga 24 jam tersebut.

Baca Juga: Maarten Paes Siap Gabung Timnas Australia, Beli Tiket di Livin by Mandiri

Dia mengatakan asosiasi akan menyewa pesawat daripada penerbangan komersial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top