Zat Gizi yang Dibutuhkan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

virprom.com – Faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak ada berbagai macam dan sebagian besar berperan sejak masa kehamilan. Oleh karena itu, persiapan harus dilakukan bahkan sejak perencanaan kehamilan.

Penelitian menunjukkan bahwa otak bayi berkembang sejak dalam kandungan. Perkembangan otak ini dimulai sejak dini dan berlanjut hingga lahir dan masa kanak-kanak.

“Otak manusia 90% dibuat di dalam rahim dan 10% hanya upgrade. Kalau ingin punya bayi yang cerdas dan sehat, semuanya harus dimulai dari dalam rahim. Jadi ibu harus memberikan modal yang baik. (Otak ) “. . Lebih baik dari Versi Paniroi Sp. OG Subsp, K.Fm dalam diskusi media yang dilakukan RS Pondok Indah, Jakarta (27/8/2024).

Nutrisi ibu hamil berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak bayi, kata Dr. Better.

“Ibarat membangun rumah agar kuat dan tahan lama. Tentu saja dibutuhkan bahan yang sama kualitasnya untuk otak. Nutrisi seperti protein DHA, vitamin B, asam folat, zat besi, dan vitamin D merupakan bahan penting untuk otak. Sayang.

Baca juga: Kecerdasan Anak Disebut Diwarisi dari Ibu, Apa Kata Sains?

Sepanjang kehamilan, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan zat gizi makro dan mikro, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Namun kualitas pangan sebagian besar masyarakat saat ini, termasuk ibu hamil, masih rendah. Oleh karena itu, menurut Dr. Lebih baik lagi, perlu melengkapinya dengan suplemen.

Ia mencontohkan anemia defisiensi besi yang dialami satu dari tiga ibu hamil di Indonesia. Kondisi ini terjadi akibat konsumsi protein hewani yang kurang.

Dokter yang bekerja di Pondok Indah menjelaskan, “Bagaimanapun, zat besi sangat dibutuhkan sejak trimester pertama. Ibu hamil yang menderita anemia berisiko lebih tinggi mengalami masalah plasenta yang dapat menyebabkan bayi berat lahir rendah. Dan anaknya juga pucat.” – Rumah Sakit Puri Indah.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan keterbelakangan mental pada anak.

Selain itu, vitamin D dibutuhkan dalam dosis tinggi selama kehamilan. Kadar vitamin D yang cukup selama kehamilan dan masa kanak-kanak berhubungan dengan IQ yang tinggi.

Baca juga: 5 Tanda Kekurangan Vitamin D dan Cara Mengatasinya.

Meskipun Indonesia merupakan negara tropis, namun sebagian besar masyarakatnya kekurangan vitamin ini sehingga tetap perlu melengkapinya dengan pola makan.

Menurut Dr. Hebatnya lagi, banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan bayi sejak awal kehamilan.

Oleh karena itu, untuk menjamin kesehatan dan perkembangan otak bayi secara optimal, nutrisi ibu harus diperhatikan sebelum hamil.

Pemeriksaan kesehatan calon pengantin merupakan langkah awal untuk menentukan apakah ada kelainan yang perlu dicari. Selain itu, jika status gizi ibu terhadap bayinya rendah, pola makannya dapat diperbaiki sebelum ia siap hamil.

Baca juga: Cukup cegah stunting zat besi Simak berita terkini kami dan pilih informasinya langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top