Prabowo dan PM Albanese Bahas Peningkatan Latihan Militer Indonesia-Australia

JAKARTA, virprom.com – Menteri Pertahanan dan Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto bertemu dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Australia Richard Marles.

Pertemuan tersebut membahas rencana peningkatan pelatihan militer antara Indonesia dan Australia.

Pertemuan ini digelar di Gedung Parlemen Australia, Canberra, pada Selasa (20/08/2024) waktu setempat.

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Prabowo ke Australia.

Baca juga: Perdana Menteri Australia Akan Hadiri Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden

Dalam kesempatan itu, Prabowo mengucapkan terima kasih atas hubungan persahabatan antara Indonesia dan Australia.

Karena Indonesia selalu ingat bahwa Australia adalah salah satu negara pertama yang mendukung perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1940an. Saya bertekad untuk melanjutkan hubungan bertetangga ini dengan lebih baik lagi,” kata Prabowo dalam siaran pers Kementerian Pertahanan, Selasa.

 

Sementara itu, Perdana Menteri Albanese menyampaikan komitmen pemerintah Australia untuk bekerja sama dengan Indonesia untuk menjaga keamanan kawasan.

“Wilayah yang damai, stabil dan sejahtera serta menghormati kedaulatan,” kata Albanese.

Hubungan dan kerja sama militer antara Indonesia dan Australia akan diperkuat melalui pelatihan militer yang lebih besar antara kedua negara.

“Australia dan Indonesia bekerja lebih erat dari sebelumnya dan memperluas cakupan dan kompleksitas latihan bersama seiring kita mengatasi tantangan regional yang sama,” kata Wakil Perdana Menteri Marles.

Baca juga: PKS Nyatakan Bergabung dengan KIM Plus dan Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

 

Indonesia dan Australia juga akan memperbarui kerja sama dalam bentuk Defense Cooperation Agreement (DCA) untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Tahun ini juga menandai peringatan 75 tahun hubungan diplomatik bilateral Indonesia dan Australia yang semakin menekankan pentingnya kemitraan kedua negara. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top