Cara Menggunakan Google Drive dengan Mudah dan Praktis

virprom.com – Pengguna mungkin perlu mengetahui beberapa pedoman dasar untuk menjalankan layanan penyimpanan berbasis cloud Google bernama Google Drive. Salah satunya adalah dengan menggunakan Google Drive.

Tidak semua pengguna memahami cara menggunakan Google Drive. Namun cara ini penting untuk diketahui karena Google Drive kini sudah banyak digunakan di berbagai bidang, baik di dunia pendidikan maupun di dunia kerja.

Baca juga; Bagaimana cara cepat melakukan backup Google Drive lengkap hanya dalam satu langkah?

Google Drive dapat membantu pengguna berbelanja online. Dengan Google Drive, pengguna menyimpan berbagai jenis file, seperti dokumen, gambar, video, foto, dan lainnya.

Selain itu, dokumen yang disimpan di Google Drive juga dapat dibagikan kepada orang lain untuk direview bersama nantinya. Karena memiliki fitur yang berguna, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara menggunakan Google Drive.

Jadi bagaimana Anda menggunakan Google Drive? Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, Anda akan menemukan penjelasan di bawah ini tentang langkah-langkah menggunakan Google Drive. Bagaimana cara menggunakan Google Drive?

Langkah-langkah menggunakan Google Drive secara umum cukup mudah untuk diikuti. Umumnya ada tiga cara menggunakan Google Drive yang diketahui pengguna: membuat akun, berbagi file.

Sebelum menggunakan Google Drive, hal terpenting yang perlu dilakukan pengguna adalah memastikan memiliki akun. Setelah memilikinya, pengguna dapat mulai mengakses Google Drive untuk menyimpan dan mengakses file di web.

Baca juga; Cara menghubungkan file ke file Google Drive lainnya, mudah dan praktis

Penjelasan lebih detail mengenai langkah-langkah menggunakan Google Drive adalah sebagai berikut: Buat akun dan masuk ke Google Drive Pertama, jika Anda belum memiliki akun atau akun Gmail, silakan buat terlebih dahulu. Untuk membuat akun Google, kunjungi https://myaccount.google.com. Kemudian pilih opsi Buat Akun. Buat Akun Google dengan mengikuti petunjuknya. Setelah dibuat, pengguna dapat masuk menggunakan Akun Google mereka atau masuk ke Google Drive. Unggah dan simpan file ke Google Drive Setelah berhasil masuk ke Google Drive, pengguna dapat mulai menyimpan file secara online. Sebelum file dapat disimpan ke Google Drive, pengguna harus mengunggahnya terlebih dahulu. Untuk melihat file dari Google Drive, klik ikon plus di bilah menu samping. Kemudian klik opsi “Indeks File”. Selanjutnya laptop akan membuka file tersebut. Segera unggah satu atau beberapa file ke Google Drive. Setelah itu, proses upload file akan berjalan. Terakhir tunggu beberapa menit hingga file laptop berhasil diupload dan disimpan ke Google Drive. Waktu pengunggahan tergantung pada ukuran file. Semakin besar file yang diunggah ke Google Drive, maka semakin lama pula waktu pemuatannya. Berbagi file di Google Drive File yang disimpan di Google Drive dapat dibagikan kepada pengguna lain. Untuk file yang ingin Anda bagikan, klik ikon tiga titik di sebelah kanan nama file. Setelah itu pilih opsi Bagikan. Kemudian jendela pengaturan berbagi file akan terbuka. Pengguna dapat mengaturnya agar orang lain yang menerima file dapat berpartisipasi dengan mengedit atau sekadar melihat file tersebut. Pengguna kemudian dapat menambahkan kontak tertentu yang hanya dapat membuka file tersebut. Selain itu, pengguna juga dapat membuat file tersedia untuk semua orang. Setelah menyelesaikan serangkaian langkah, pengguna mengklik opsi “Salink Link”. Pengguna dapat berbagi link berdasarkan pengaturan berbagi file ini.

Baca juga; 2 cara upload foto ke Google Drive di ponsel dengan mudah dan nyaman

Menggunakan Google Drive cukup mudah bukan? Cara di atas akan memudahkan pengguna dalam mempelajari cara mengoperasikan Google Drive. Pengguna dapat mulai menggunakan beberapa fitur dasar, seperti menyimpan dan berbagi file.

Setelah itu, pengguna dapat secara mandiri menjelajahi setiap fitur yang ada di Google Drive. Demikian penjelasan lengkap mengenai cara menggunakan Google Drive dengan mudah dan efektif.

FYI, ruang penyimpanan Google Drive sebesar 15 GB akan diberikan gratis pada setiap Akun Google. Jika ingin menambah kapasitas, pengguna bisa berlangganan ruang penyimpanan hingga 2 TB per bulan seharga Rp 135.000.

Dapatkan pembaruan berita harian tentang teknologi dan gadget pilihan. Bergabunglah dengan saluran whatsapp KompasTekno. Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Dengarkan berita dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top