Peta Pilkada Berubah Dampak Putusan MK, KIM Plus Dianggap Masih Kokoh

JAKARTA, virprom.com – Perubahan peta politik di beberapa daerah menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 dinilai tidak terlalu merugikan bagi Koalisi Masyarakat Indonesia Maju (KIM) Plus yang sudah mapan.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Siah Putra, kondisi KIM Plus di berbagai daerah kecuali Tangsel dan Banten dinilai masih kuat meski terjadi perubahan peta politik di tengah masa pendaftaran. calon pemimpin daerah pada pemilu 2024.

Sebenarnya koalisi di KIM Plus cukup kuat, bukan karena kesamaan kepentingan, tapi karena ada partai kuat yang mengkondisikan mereka untuk bersatu, kata Dedi saat dihubungi virprom.com, Rabu (28/8/2024). ). ). ).

Menurut Dadi, pesatnya dinamika politik saat pendaftaran calon kepala daerah di sejumlah daerah dinilai sebagai bagian dari proses konsolidasi dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Ahmad Reza Patria Mundur dari Pilkada Tangsel 2024

“Kalaupun ada partai-partai kecil yang terkesan terisolasi, seperti Golkar di Banten, PKS di Tangsel, bisa jadi itu adalah bagian dari perdagangan politik,” kata Dedi.

Di luar bidang itu, Dedi memperkirakan integrasi partai-partai di KIM Plus akan semakin diperkuat.

Tapi di tempat lain yang menjadi prioritas seperti Jakarta, Sumut, KIM cenderung melakukan konsolidasi, kata Dedi.

Diberitakan sebelumnya, Partai Golkar memutuskan menarik dukungan terhadap calon Wakil Gubernur Andra Soni dan Dimyati Natakusumah pada Pilkada Banten 2024 dan memberikannya kepada Irene Rachmee Diyani-Ade Sumardi.

Sementara pasca Pilkada Tangsel 2024, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menarik dukungan terhadap bakal calon wakil wali kota Wali Kota Ahmad Riza Patria-Marchel Vidyantu.

Baca Juga: Golkar Berubah Haluan, Takut Kehilangan Kader Usai Megawati Goda Irene Gabung PDI-P…

Partai Demokrat memutuskan mendukung pasangan calon Benjamin Downey dan Pilar Saga Ichson pada Pilkada Tangsel 2024.

Sedangkan PKS memiliki kader internal seperti pasangan Ruhamaben-Shinta di Pilkada Tangsel.

Calon Wali Kota Tangerang Selatan Ahmad Riza Patria pun sudah mengumumkan mundur dari Pilkada Tangsel. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top