Lakukan Hal Ini Saat Mobil Matik Mengalami Rem Blong

SOLO, virprom.com – Rem blong pada kendaraan bertransmisi matic masih menjadi salah satu faktor sering terjadinya kecelakaan, terutama saat berkendara di jalan menurun, dimana rem kendaraan harus bekerja ekstra keras.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu Anda ambil agar Anda dapat mengurangi kecepatan dan mengendalikan kendaraan matic secara efektif.

Sony Susmana, Direktur Pelatihan Security Defense Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan rem blong merupakan suatu keadaan yang tidak terjadi secara tiba-tiba, namun harus ada gejala awal.

Baca Juga: Rumor Kawasaki Ingin Jual Sepeda Bebek Malaysia

“Misalnya pedal rem ditekan terlalu keras, pedal keras/macet, atau pedal perlu dipompa. “Kalau kurang responsif biasanya hanya berakselerasi dan sepatu rem biasanya panas,” kata Sony kepada virprom.com, Selasa (20/08/2024).

Sony juga mengatakan ada langkah yang harus dilakukan ketika mobil matic mengalami rem blong.

“Pertama-tama, jika gejala ini muncul, pelan-pelan saja. Kedua, turunkan gigi ke gigi 1 atau minta bantuan dengan menarik tuas rem parkir secara bertahap, kata Sony.

Anda bisa menarik tuas rem tangan dari satu klik ke klik berikutnya hingga kecepatan benar-benar melambat.

Baca juga: Cara Menaklukkan Bukit Ekstrim dengan Mobil matic CVT

“Hindari menarik tuas berkali-kali, naik turun dengan menekan tombol di ujung tuas,” kata Sony.

Terakhir, Sony mengatakan jika rem hidrolik digunakan pada kendaraan matic, Anda harus menarik dan melepas tuas berulang kali dengan jari.

Kami berharap dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini Anda dapat membantu mengatasi masalah rem blong pada kendaraan matic dengan aman dan efisien serta mengurangi risiko kecelakaan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstall.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top