Serangan Besar-besaran Rusia Malam Kedua, Ukraina Klaim Jatuhkan 5 Rudal dan 61 Drone

KYIV, virprom.com – Ukraina pada Selasa (27/8/2024) mengakui bahwa sistem pertahanan udaranya menembak jatuh lima rudal Rusia dan 60 drone serang dalam serangan udara malam kedua yang dilancarkan Rusia.

Angkatan udara Ukraina mengatakan Rusia menembakkan 91 rudal, termasuk 10 rudal dan 81 drone serang rancangan Iran, dari berbagai wilayah di Rusia.

Sayangnya, empat orang tewas dalam serangan Rusia tersebut.

Baca Juga: Rusia Lancarkan Serangan Besar-besaran, Zelensky Minta Eropa Bantu Ukraina Lepaskan Banyak Rudal

“Meskipun sistem pertahanan udara kami bekerja secara efektif, empat orang tewas dan 16 lainnya luka-luka,” kata Presiden Volodymyr Zelensky dalam sebuah postingan di media sosial, AFP melaporkan.

Serangan semalam terjadi sehari setelah Kremlin melancarkan salah satu serangan udara terbesar di Ukraina, yang menghantam fasilitas energi dan menewaskan beberapa orang.  

Pada hari Selasa, Zelenski mengatakan bahwa operasi penyelamatan sedang dilakukan di lokasi yang terkena dampak dan berjanji untuk menanggapi serangan tersebut. 

“Kejahatan terhadap kemanusiaan tidak dapat dilakukan tanpa adanya hukuman,” tambahnya dalam postingan tersebut.

Wartawan AFP di ibu kota Kyiv mendengar sirene serangan udara bergema di seluruh kota sepanjang malam, serta ledakan, yang mungkin berasal dari sistem pertahanan udara.

Sejak invasi Februari 2022, Rusia telah melancarkan serangan drone dan rudal besar-besaran ke Ukraina, termasuk serangan hukuman terhadap fasilitas energi. 

Baca juga: Rusia Lancarkan Serangan Besar-besaran ke Ukraina Saat Polandia Pantau Pesawat

Pihak berwenang setempat mengatakan pada hari Selasa bahwa dua orang tewas di wilayah tenggara Zaporozhye dan dua di pusat kota Krivi Rig setelah sebuah rudal menghantam sebuah hotel. 

Serangan terhadap hotel tersebut terjadi hanya beberapa hari setelah sebuah tim yang bekerja untuk kantor berita Reuters terkena serangan rudal di hotel mereka di kota Kramatorsk, Ukraina timur, menewaskan seorang penasihat keamanan yang bekerja untuk kantor berita tersebut.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top