Perlukah Mengganti Oli Mesin Motor Lebih Cepat?

KLATEN, virprom.com – Penggantian oli mesin pada sepeda motor sudah diketahui oleh pabrikan. Interval yang ada di buku manual pemilik secara spesifik menyebutkan setiap 4000 km atau setiap 4 bulan, mana saja yang lebih dulu.

Namun sebagian besar pelanggan memilih untuk mengganti oli mesin lebih cepat, setelah sekitar 2 bulan atau 2000 km. Lalu apakah tindakan seperti itu perlu?

Baca Juga: Benarkah Perawatan Mobil yang Paling Penting adalah Ganti Oli Mesin?

Gio, pemilik bengkel Giovani Motor Cawas Klaten, mengatakan pada kondisi tertentu oli mesin sebaiknya diganti lebih awal.

Misalnya sepeda motor yang sering digunakan di jalan ramai sering kali terjebak kemacetan sehingga jarak yang ditempuh tidak sesuai dengan waktu hidup mesin, kata Jio kepada virprom.com, Kamis (8/8). /2024).

Jio mengatakan, sepeda motor yang sering terjebak kemacetan sebaiknya mengganti oli lebih awal dari jadwal karena jarak tempuh lebih pendek. Selain itu, waktu kerja mesin diperpanjang.

Baca Juga: Dampak Penggunaan Oli Mesin yang Salah pada Bumper Mobil

“Oli motor berfungsi selama mesin hidup, artinya kualitas oli akan menurun meskipun sepeda motor dikendarai dalam jarak dekat atau penggunaan dalam waktu lama,” kata Gio.

Untuk menghindari keausan mesin yang berlebihan, Jio menyarankan penggantian oli lebih awal pada sepeda motor yang digunakan untuk perjalanan sehari-hari dalam perkotaan, yaitu setiap 3000 km atau 3 bulan sekali.

Jio juga berpendapat, penggantian oli mesin pada sepeda motor lebih baik karena mengurangi risiko keausan.

Baca Juga: Produsen Oli Mesin Sepeda Motor Uji Kualitas Lewat Spionase Flores

“Kami juga kehabisan oli mesin untuk sepeda motor, sehingga menunda penggantian. Menurut saya konsumen kurang pengetahuannya,” kata Jio. Dengarkan berita terhangat dan berita utama kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top