Korelasi Kebersihan Kabin dan Performa AC Mobil

 

JAKARTA, virprom.com – Bagian penting pada AC mobil adalah evaporator dan filter. Jika kedua komponen ini kotor maka akan menimbulkan banyak masalah mulai dari terhambatnya aliran udara hingga bau tidak sedap.

Andrew Prakuswo, pemilik bengkel AC Fortune, mengatakan ada banyak penyebab AC mobil tidak berfungsi dengan baik. Tapi kebanyakan karena pemilik mobil membiarkan kabinnya kotor.

Baca selengkapnya: Penjelasan model jas hujan terpisah lebih aman bagi pengemudi

Andrew yang ditemui di Cibubur, Jakarta Timur mengatakan, Kotoran tergantung siapa yang menggunakan mobil, semakin bersih mobilnya, semakin kotor pula. “Tetapi jika diabaikan, semakin sedikit kabin, semakin cepat kabin menjadi kotor.” Baru-baru ini.

Sistem pendingin udara mobil mengalirkan udara panas di dalam kabin dan menjalankannya untuk mendinginkannya, kata Andrew. Setelah dingin, udara dikembalikan ke kabin melalui blower.

“Karena AC menyerap debu dan kotoran dari dalam, maka saat kipas AC dihidupkan, justru akan menyerap seluruh kotoran tersebut,” kata Andrew.

“Kebersihan kabin sangat mempengaruhi, bukan kotoran dari luar, tapi dari dalam kabin. Soalnya bagi kami, terutama di kota besar, jarang menggunakan sistem peredaran darah luar,” ujarnya.

Baca juga: IndoMobil Corporation ingin mendatangkan lebih banyak mobil listrik ke RI

“Khusus di Jakarta, kalau kita menggunakan udara luar, semua debu akan beterbangan sehingga semakin kotor,” kata Andrew.

Jika Anda sedang mencuci mobil, Andrew menyarankan untuk membiasakan menyedot debu secara bersamaan. Walaupun terlihat sepele, namun hal ini dapat menjaga kebersihan AC Anda dalam jangka waktu yang lama.

Perlindungan pertama adalah dengan rutin mengganti filter kabin karena ini penyaring debu, tapi hanya menyisakan debu. Kalau ada bau tidak apa-apa kalau ada bau umum bakteri di EVAP, ujarnya. Berbicara. Dengarkan berita terkini dan kumpulan informasi kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top