Soal Kotak Kosong di Pilkada, AHY: Kalau Boleh Memilih, Bagusnya Kompetisi

JAKARTA, virprom.com – Presiden Partai Demokrat Agus Harimurthy Yudhoyono (AHY) menilai pemilihan kepala daerah (pilkada) harus digelar tanpa banyak calon atau kotak kosong.

AHY menyatakan, persaingan dalam pilkada harus ada agar calon pemenang pilkada bisa populer.

“Jika saya bisa memilih, yang terbaik bagi saya adalah persaingan. Itu persaingan yang sehat.” A vs B. Koalisi A versus Koalisi B atau dua calon atau tiga calon atau apapun yang diinginkan rakyat,” ujarnya kepada AHY. l’ Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2024), dikutip YouTube Partai Demokrat.

Baca juga: Apa Jadinya Jika Kotak Kosong Menang Pilkada?

AHY juga mencatat, yang memegang kekuasaan dalam demokrasi dan politik adalah rakyat. Namun, dia mengingatkan, ada mekanisme wajib bagi siapa pun untuk ikut serta dalam pilkada.

AHY mencontohkan adanya ambang batas pencalonan kepala daerah, artinya ia harus mendapat dukungan minimal 20 persen kursi DPRD, sehingga membuka kemungkinan adanya kotak kosong dalam pilkada. 

“Mungkin seseorang dianggap mampu dan mumpuni untuk mencalonkan diri. Namun kenyataannya tidak didukung oleh parpol yang tidak memenuhi syarat, tidak memenuhi syarat, tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai calon perseorangan, cukup untuk melewati ambang batas tersebut. ujung-ujungnya kotaknya kosong,” kata AHY.

Baca juga: Kotak Kosong dan Pragmatisme Parpol

Potensi terjadinya pilkada dimana salah satu calon akan bertarung melawan kotak kosong terbuka lebar di banyak daerah, termasuk Jakarta.

Peluang terjadinya pilkada dengan kotak suara kosong di Pilkada Jakarta terbuka seiring dengan pengumuman terbentuknya koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

KIM Plus merupakan gabungan partai politik yang terdiri dari anggota KIM dan partai politik non-KIM.

Jika KIM Plus diterapkan, hanya pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta yang bisa maju.

Sebab, tidak ada partai politik yang bisa mengajukan calonnya tanpa berkoalisi.  Dapatkan berita terkini dan berita favorit langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top