Jokowi Kaget Lihat Pasar Jongke Solo Usai Direhabilitasi: Mal Saja Kalah

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengaku terkejut dengan kondisi Pasar Jongke di Surakarta, Jawa Tengah, setelah dipugar karena lebih bersih dan tertata.

Pengumuman itu disampaikan Jokowi pada Sabtu (27/7/2024) saat upacara pembukaan rehabilitasi Pasar Jongke.

“Kalau sudah berkunjung ke Pasar Jongke, silakan bandingkan dengan pasar yang ada saat ini. Sekarang lebih bagus lagi.. Saya kaget melihat pasar seperti itu,” kata Jokowi, Sabtu, mengutip laman YouTube Sekretariat. Dia menyiarkan presidennya.

Mantan Wali Kota Solon ini mengatakan, kondisi kenyamanan di Pasar Jongke lebih baik dibandingkan mal.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Pasar Jongke Rp 124 Miliar di Solo

Namun, Jokowi menilai pasar perlu memperbanyak tempat parkir agar pembeli merasa lebih nyaman.

Kata Jokowi, “Saya kira mal sedang kalah. Tapi yang penting untuk merebut pasar ini adalah adanya tempat parkir untuk toko-toko agar nyaman. Baik untuk sepeda motor maupun mobil.”

Ia mengatakan, dana sebesar Rp124 miliar dikeluarkan untuk memulihkan Pasar Jongke.

Oleh karena itu, dia meminta para pedagang dan seluruh pihak yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari di sana untuk menjaga fasilitas yang telah direnovasi tersebut.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tak ingin pasar menjadi kotor dan bau setelah dibersihkan.

Baca Juga: Gaya Arsitektur Kolonial, Desain Pasar Jongke Solo Menurut Gibra

Selain itu, pasar merupakan pusat perekonomian masyarakat, tempat berkumpulnya seluruh barang dan bahan baku yang dihasilkan oleh petani, nelayan, dan perajin.

“Pemilik toko bisa melayani pelanggannya dengan ramah, kalau ibu-ibunya mau ke pasar, mereka berdandan dulu untuk menyenangkan pelanggannya,” kata Jokowi.

“Yang utama saya minta pasar ini benar-benar terawat, bersih dan higienis agar tidak kotor dan bau.” Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top